Friday, 24 March 2017
Trending Topics:
Wednesday, 19 Oct 2016 - 20:19 wita

Bertepatan Hari Jadi Sulsel, Hukuman Mantan Wali Kota Makassar Dikurangi

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Sidang vonis hakim terhadap Ilham Arief Sirajuddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat, Senin (29/02/2016)
Sidang vonis hakim terhadap Ilham Arief Sirajuddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat, Senin (29/02/2016)
(CELEBES TV)

CELEBESONLINE (Makassar): Mahkamah Agung (MA) menetapkan hukuman untuk mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin dikurangi dari enam tahun penjara menjadi empat tahun penjara. Dikutip dari situs detikcom, Juru Bicara Mahkamah Agung, Hakim Agung Suhadi, mengatakan keputusan MA itu untuk memperbaiki putusan pengadilan tinggi (banding) dengan penjara 4 tahun dan denda Rp 100 juta subsider 4 bulan kurungan

“Ketua Majelis Hakim Agung Salman Luthan dan hakim MS Lumme dan Syamsul Rakan Chaniago telah mengetok putusannya pada 19 Oktober,” kata Suhadi.

Sebelumnya, pada Sidang Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat, Senin (29/02/2016), majelis hakim menyatakan Ilham Arief Sirajuddin bersalah dalam kasus korupsi kerja sama rehabilitasi, operasi, dan transfer (ROT) Intalasi Pengolahan Air (IPA) II Panaikang Makassar tahun 2007-2013. Hakim menjatuhkan hukuman pidana empat tahun penjara dan denda Rp 100 juta, subsidair satu bulan penjara. Ilham juga mendapat hukuman membayar uang pengganti sebesar Rp 150 juta. Jika uang pengganti tidak bisa dibayar selama setahun, maka harta benda milik Ilham Arief Sirajuddin dapat disita atau dilelang.

Hukuman itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Komisi Pemberantasan KOrupsi (KPK) dengan hukuman delapan tahun penjara, denda Rp 300 juta subsidair tiga bulan kurungan penjara dan membayar uang pengganti Rp 5,505 miliar.

KPK kemudian mengajukan banding atas putusan hakim dan majelis hakim Pengadilan Tinggi Jakarta menambah vonis dua tahun penjara.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.