Thursday, 19 January 2017
Trending Topics:
Tuesday, 18 Oct 2016 - 20:55 wita

Tiga Tahun Lagi Seluruh Desa di Sulsel Terjangkau Aliran Listrik

Reporter: Mardianto |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE PLN
PLN
()

CELEBESONLINE (Makassar): Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Selatan (Sulsel) menargetkan tahun 2020 seluruh desa dan perkampungan di Sulsel sudah terjangkau aliran listrik. Demi mencapai target tersebut, Dinas ESDM Sulsel segera mencanangkan program kedaulatan energi terbarukan yakni pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS. Pemerintah pun telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 33 miliar pada APBN 2017.

Program Kedaulatan Energi akan diisi dengan pembangunan 300 pembangkit tistrik tenaga surya atau PLTS, 400 instalasi biogas, dan 300 sambungan laik operasi. Sekretaris ESDM Sulsel Syamsul Bahri menyebutkan, program ini untuk mendukung ketersediaan listrik dan mencegah kecelakaan sambungan listrik utamanya kebakaran yang kerap terjadi di pedesaan akibat banyaknya sambungan listrik dalam satu sumber listrik. Sebanyak 259 desa di Sulsel belum dialiri listrik.

Syamsul mengatakan beberapa kendala mewujudkan program tersebut antara lain desa sasaran sulit tertangkau seperti Luwu Utara, Luwu Timur, Pangkep, Kepulauan Selayar, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Kabupaten Bone.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.