Tuesday, 24 January 2017
Trending Topics:
Tuesday, 18 Oct 2016 - 21:46 wita

Ribuan Pekerja di Sulsel Dapat Fasilitas Gratis Iuran BPJS

Reporter: azwar |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan
()

CELEBESONLINE (Makassar): Sebanyak 7.200 pekerja informal di Sulawesi Selatan mendapatkan kartu jaminan sosial dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Pemberian kartu itu bagian dari kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo didampingi Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto secara simbolis menyerahkan kartu jaminan sosial kepada perwakilan dari 7200 pekerja Bukan Penerima Upah di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat. Syahrul mengatakan, penerima kartu tidak perlu membayar iuran untuk masa tiga bulan pertama tapi setelah tiga bulan, pekerja tersebut meneruskan pembayaran iurannya.

Agus Susanto mengatakan, dari total 70 juta pekerja informal, baru sekitar 17 persen yang tercakup jaminan ketenagakerjaan. “Kami berharap angka ini ditingkatkan, salah satunya melalui program Peduli Perlingdungan Tenaga Kerja Rentan atau disebut Lingkaran,” katanya.

Para pekerja bukan penerima upah yang menerima bantuan berupa kepesertaan antara lain merupakan pekerja yang bergerak di sektor informal seperti nelayan, pedagang, tukang ojek, petani, maupun loper koran. Selain itu program pemerintah pusat tersebut rencananya akan bergulir selama lima tahun dan ditargetkan dapat mencakup 70 juta pekerja informal se-Indonesia.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.