Saturday, 25 March 2017
Trending Topics:
Tuesday, 11 Oct 2016 - 9:14 wita

Pemprov Belum Tentukan Carateker Bupati Takalar

Editor: Apriani - celebesonline.com

CELEBESONLINE, Makassar – Pemerintah Provinsi Sulsel belum mengusulkan nama calon pelaksana tugas (plt) atau Carateker Bupati Takalar kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pasalnya, Bupati Takalar saat ini, Burhanuddin Baharudsin, ikut bertarung pada Pilkada serentak 2017 mendatang.

Padahal, tahapan kampanye di Pilkada Takalar akan dimulai pada pekan terakhir Oktober ini sampai Februari 2017 mendatang.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Biro Pemda Sulsel, Munadjat, mengakui bahwa hingga saat ini pihaknya selaku pelaksana tata pemerintahan daerah belum mengirimkan nama calon penjabat bupati lantaran belum mengantongi nama calon dari gubernur.

Nama penjabat atau carateker bupati ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri berdasarkan usulan dari gubernur. “Penjabat bupati yang diangkat harus berasal dari pejabat tinggi pratama dan memiliki pangkat Eselon II,” ucap Munajat.

Sementara Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, menjelaskan bahwa penjabat Bupati Takalar adalah yang berasal dari kalangan birokrat senior dan memiliki tingkat netralitas yang tak diragukan.

Selain faktor senioritas, Agus juga menegaskan bahwa pejabat bupati yang diangkat juga harus memiliki pemahaman mendalam perihal daerah yang akan jabatnya. Sehingga tak sulit membaca kondisi kehidupan sosial masyarakat setempat.(*)

Mardianto/ Celebes TV

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.