Sunday, 11 December 2016
Trending Topics:
Tuesday, 11 Oct 2016 - 10:08 wita

Maulwi Saelan, Mantan Kiper PSM, Dikuburkan Hari Ini Sebagai Pahlawan

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
Maulwi Saelan
Maulwi Saelan
()

CELEBESONLINE (Makassar): Mantan kiper PSM Makassar dan tim nasional Indonesia, dijadwalkan akan dimakamkan
di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Timur, Selasa (11/10/2016) siang. Sebelum dimakamkan, jenazah Maulwi Saelan disalatkan oleh siswanya di Yayasan Syifa Budi, Kemang, Jakarta Selatan karena Maulwi merupakan pendiri sekolah Al-Azhar Kemang.

Maulwi lahir di Makassar, 8 Agustus 1926. Adik pahlawan Emmi Saelan ini memulai kariernya sebagai pemain bola. Prestasi dan keteguhannya memikat hati Soekarno. Maulwi pun dipanggil bergabung dengan Resimen Tjakrabirawa pada 1962. Empat tahun kemudian Maulwi Saelan diangkat menjadi ajudan pribadi Presiden Soekarno.

Di dunia sepakbola, karirnya sangat cemerlang. Ia pernah tampil di Olimpiade 1956 di Melbourne, Australia. Sempat membawa timnya seri melawan tim terkuat Uni Sovyet. Namun pada pertemuan berikutnya, Indonesia tersingkir. Ia pernah pula menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia pada 1964 menggantikan Abdul Wahab Djojohadikoesoemo. Tiga tahun kemudian posisi Maulwi digantikan Kosasih Purwanegara.

Maulwi meninggal di Rumah Sakit Pusat Pertamina pada usia 90 tahun. Maulwi sempat dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah, kemudian pindah ke RSPP.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.