Thursday, 19 January 2017
Trending Topics:
Friday, 07 Oct 2016 - 18:57 wita

Jamaah Haji Papua Barat Kebanyakan Orang Sulsel

Reporter: baharuddin Arifin |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
Kakbah
Kakbah
()

CELEBESONLINE (Makassar): Sebanyak 455 jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 16 asal Provinsi Papua Barat tiba di Debarkasi Asrama Haji Sudiang Makassar, Jumat (07/10/2016) pagi. Meski dari Papua Barat, ternyata kebanyakan jamaah haji itu orang Sulawesi Selatan yang sudah lama merantau di provinsi tersebut.

Sejumlah pejabat dari Provinsi Papua Barat menerima jamaah haji di aula penerimaan Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar. Bahwa jamaah haji adalah orang Sulsel, sangat kentara melalui ciri khas pakaian mereka yang penuh dengan hiasan seperti yang biasa digunakan orang Bugis bila baru pulang dari Tanah Suci Mekkah.

“Banyak pendatang dari SUlawesi Selatan yang mendominasi jamaah haji Papua Barat ini. Mereka memang sudah lama menetap di Papua Barat/ sehingga berangkat haji di Papua Barat,” kata Asisten I Pemprov Papua Barat Musa Kamudi kepada CELEBES TV.

Menurut Kamudi, pihaknya sudah membuat aturan sendiri mengenai pembatasan calon jamaah haji. Warga asli Papua Barat lebih diprioritaskan untuk menghindari kecemburuan sosial dari warga asli Papua Barat. “Warga asli Papua atau warga pendatang yang sudah lama tinggal di Papua Barat harus diprioritaskan,” katanya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.