Monday, 27 March 2017
Trending Topics:
Wednesday, 05 Oct 2016 - 16:55 wita

Dosen HI UGM Berikan Bahas Globalisasi Politik bersama Mahasiswa HI Unibos

Editor: Apriani - celebesonline.com
Muhadi Sugiono dari UGM jadi pembicara di Stadiun general HI Unibos, Minggu (5/10/2016).
()

CELEBESONLINE, Makassar – Mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa (Unibos), menyelenggarakan kuliah umum dengan mengangkat topik politik global dalam hal globalisasi, Rabu (5/10/2016). Kegiatan yang diadakan di ruang kuliah lantai 3 kampus I Unibos ini menghadirkan Muhadi Sugiono selaku Dosen HI Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai pembicara.

Stadium General ini mengangkat tema “Positioning Local Politics For Global Change”. Pada kesempatan itu, Muhadi membicarakan bagaimana politik sebagai interaksi secara lokal, nasional, dan global.

Menurutnya, globalisasi dilihat berdasarkan kondisi sebuah negara yang dapat dijadikan parameter dan titik awal terjadinya hubungan secara global. Untuk melihat bagaimana parameter sebuah hubungan internasional, ada dua hal yang perlu dinilai.

“Pertama, dari segi kaca mata hubungan antar negara juga melihat kondisi hubungan dalam negara. Kedua, melihat pandangan dominan pada aktor-aktor yang memiliki peran besar. Sebab mereka memiliki kemampuan untuk mendorong terjadinya aktivitas global,” ungkap Muhadi.

Kuliah umum yang diikuti puluhan mahasiswa HI ini juga menghadirkan Beche Bt Mamma yang merupakan salah satu Dosen HI Unibos. Beche memberikan anggapannya dalam menghadapi isu politik dan globalisasi ini.

“Kita mencoba bagaimana agar dapat memposisikan politik lokal dalam rana internasional. Begitu banyak aktor subnasional yang memiliki posisi yang kuat untuk mempengaruhi. Jika dikaitkan dengan globalisasi dan bagaimana kita bisa menghadapinya, itu bergantung pada kesiapan setiap daerah,” katanya.

“Misalnya mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki skill dalam teknologi dan komunikasi. Dalam aspek lokalitas, keunikan daerah juga bisa menjadi objek wisata yang memicu terjadinya hubungan internasional,” tambahnya Beche.

Kegiatan ini memang rutin setiap bulan diadakan oleh mahasiswa HI, melihat begitu banyak isu-isu berkaitan yang semarak menjadi perbincangan. Dengan tujuan melatih mahasiswa lebih teliti melihat isu-isu yang berkembang, kegiatan ini juga dilakukan untuk melatih mahasiswa aktif menanggapi hal-hal yang sedang menjadi topik di lingkungan luar.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.