Tuesday, 06 December 2016
Trending Topics:
Wednesday, 05 Oct 2016 - 17:13 wita

Bekal Menuju Pimnas 2017, UKM Litimasi Gali Kreativitas Mahasiswa

Editor: yani - celebesonline.com
Prof Sri Rachma memberikan materi dalam workshop PKM di Unibos, Rabu (5/10/2016).
Prof Sri Rachma memberikan materi dalam workshop PKM di Unibos, Rabu (5/10/2016).
()

CELEBESONLINE, Makassar – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Litimasi Universitas Bosowa (Unibos) menggelar workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Lima Bidang di Ruang Senat Lantai 9 Unibos, Rabu (5/10/2016). Workshop ini sebagai ajang untuk mempersiapkan bekal mengikuti ajang kompetisi nasional PKM oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) ke-30.

Workshop PKM Lima Bidang yang dihadiri oleh 50 peserta ini memfokuskan pada bidang Penelitian, Pengabdian, Teknologi, Karsa Cipta, dan Kewirausahaan. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor I, Prof Andi Muhibuddin, ini juga menghadirkan Prof Sri Rachma Aprilia Bugiwati selaku reviewer nasional sebagai pembicara.

Kegiatan yang mengangkat tema “Gerakan Program Kreativitas Mahasiswa Gali Potensi Raih Prestasi” ini dilaksanakan dengan pengharapan mahasiswa dapat lebih mengembangkan bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian. Menurutnya, mahasiswa perlu terus memacu diri melakukan penelitian untuk menjadi sarjana yang kompeten.

“Mahasiswa memang sebaiknya membudayakan penelitian. Sebab meneliti dapat melatih mahasiswa untuk tahu potensi diri mereka dan memanfaatkan potensinya untuk lingkungan serta masyarakat luar”, ungkap Prof Sri Rachma.

Bukan hanya memberikan materi pentingnya sebuah penelitian, dalam workshop ini juga dibahas bagaimana prosedur penelitian yang baik dan benar. Prof Sri Rachma juga mengungkapkan jika meneliti melatih mahasiswa dalam empat hal termasuk kemampuan komunikasi, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan kerjasama, dan kemandirian.

“Empat hal tersebut dapat dilatih saat penulisan dan penyusunan proposal PKM. Kemandirian dan kerjasama dilihat saat penyusunan dilakukan secara tim. Kemampuan memecahkan masalah dipicu karena pkm yang diangkat mahasiswa adalah solusi dari masalah-masalah yang ditemukan dilingkungannya. Juga kemampuan komunikasi dilatih saat penulisan PKM yang butuh ketelitian dan penggunaan bahasa yang mampu menarik publik saat monitoring PKM dilakukan,” tambahnya.

Ketua UKM Litimasi Unibos, Kasianto, mengungkapkan pengharapan digelarnya workshop ini agar mahasiswa mengenal lebih awal mengani penelitian dan penulisan proposal. Hingga hasil akhirnya mahasiswa dapat memahami bagaimana pembuatan proposal sesuai dengan prosedurnya.

“Workshop ini melatih mahasiswa mengenal apa penyusunan proposal dan melatih mahasiswa memahami bidang penelitian apa yang menjadi minatnya. Disini juga mahasiswa dibimbing untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam membuat karya yang baik, sebuah karya tanpa ada unsur copy paste,” tutur Kasianto.

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.