Tuesday, 28 March 2017
Trending Topics:
Friday, 30 Sep 2016 - 13:54 wita

Lewat Film ‘Athirah’, Melinda Aksa Nostalgia dengan Sang Nenek

Reporter: apri |  Editor: Apriani - celebesonline.com
Melinda Aksa/ foto: Apri
()

CELEBESONLINE, Makassar – Film ‘Athirah” sudah tayang di bioskop tanah air sejak 29 September kemarin. Pada pemutaran perdana itu, Direktur Bosowa Foundation, Melinda Aksa, berkesempatan mengajak karyawan Bosowa untuk menyaksikan film tersebut di XXI Mal Ratu Indah.

Melinda Aksa mengaku sangat menantikan film ini. Karena melalui film ini, ia bisa bernostalgia dengan Athirah yang tidak lain adalah neneknya. Ya, ibunda Melinda, Ramlah Aksa, adalah salah satu putri dari Athirah.

“Nenek meninggal saat saya berusia 3 tahun. Jadi memori tentang Beliau sangat sedikit. Beruntung, lewat film ini, saya seperti melihat beliau ‘hidup’ kembali,” ucap Melinda.

“Yang saya tahu bahwa nenek Athrah itu orangnya memang sabar dan tegar dalam menghadapi setiap tantangannya. Ia berusaha tabah demi mempertahankan keutuhan keluarganya,” ucap Melinda.

Film ini berkisah tentang sosok Athirah yang merupakan ibunda dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dalam film ini juga dikisahkan Ucu’ (JK) saat masih remaja dan awal pertemuannya dengan sang istri Mufidah Jusuf Kalla. Film garapan Riri Riza ini terinspirasi dari buku dengan judul yang sama karya Alberthiene Endah.

“Karena ini adalah film adaptasi dari buku, maka tidak semua yang terlihat dalam film tersebut sama persis dengan kehidupan nenek Athirah. Salah satu contohnya, di film dikisahkan Athirah punya 5 anak, padahal sebenarnya lebih dari itu,” ungkap Melinda.

Melindah mengatakanbahwa film ini wajib nonton karena akan memberikan inspirasi bagaimana seorang wanita menghadapi persoalan keluarga. Bukan dengan emosi dan marah-marah, tapi dengan kesabaran dan ketabahan.

“Film ini bagus. Selain menampilkan budaya Bugis-Makassar dan keindahan alam Sulsel, dari sosok Athirah kita bisa mendapatkan inspirasi. Pendapat saya, dibalik kesuksesan seorang pria, ada campur tangan wanita, di balik kejatuhan pria, ada wanita ‘tersakiti’ yang mengulurkan tangan,” ucap seorang penonton, Nurul.

“Yang bikin gemes adalah soso Ucu’ yang diperankan Christoffer Nelwan. Irit sekali bicara. Dalam film tersebut, kalimat yang diucapkan hampir bisa dihitung dengan jari,” tambahnya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.