Friday, 20 January 2017
Trending Topics:
Monday, 26 Sep 2016 - 11:18 wita

Tahun 2016, Ada Tambahan Baru 364 Orang Terinfkesi HIV/AIDS

Editor: yani - celebesonline.com
Deng Ical saat memberi sambutan dalam rapat KPA di Hotel Jolin, Senin (26/9/2016).
Deng Ical saat memberi sambutan dalam rapat KPA di Hotel Jolin, Senin (26/9/2016).
()

CELEBESONLINE, Makassar – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Makassar menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor di Hotel Jolin, Jalan Pengayoman, Makassar, Senin (26/9/2016). Wakil Walikota Makassar, Dr Syamsu Rizal, yang juga Ketua Pelaksana Harian KPA Kota Makassar meminta agar isu HIV/AIDS ini menjadi musuh dan tanggung jawab bersama.

Deng Ical, sapaan Syamsu, meminta semua sektor jadikan isu HIV/AIDS menjadi mainstream dalam perencanaan dan penganggaran program/kegiatan. Pasalnya jumlah kasus HIV dan AIDS di Makassar terus bertambah.

Data tahun 2015, perkembangan kasus HIV di kota Makassar sudah mencapai 5.647 orang dan AIDS sebanyak 2.058 orang. Semester I tahun 2016, terdapat tambahan 364 orang yang terinfenksi baru.

“Situasi yang kita hadapi saat ini membutuhkan pendekatan yang sedikit progresif untuk menghambat laju perkembangan yang sedemikian cepat,” ucap Deng Ical.

Strategi penanggulangan HIV/AIDS yang didorong oleh Pemkot adalah bagaimana mencegah dan mengurangi resiko penularan, meningkatkan kualitas hidup ODHA, dan bagaimana bisa mengurangi dampak sosial dan ekonomi. “Inilah yang diharapkan kepada teman-teman kita dari berbagai sektor ini, baik dari pemerintah, swasta, NGO, dan seluruh elemen masyarakat untuk selanjutnya mengambil bagian dalam pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS di kota Makassar,” tambahnya.

Sementaran itu, Sekretaris KPA Kota Makassar, Mawardi, menambahkan bahwa tahun 2016 ini adalah momen yang sangat penting dan menjadi dasar untuk melihat komitmen kita semua dalam gerakan pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS. Daerah harus sudah siap memasuki tahun 2017 dengan program dan kegiatan yang lebih mandiri mengingat sejumlah donor utama yang selama ini membiayai program/pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS, termasuk Makassar, sudah akan closing program di Desember 2017.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.