Friday, 20 January 2017
Trending Topics:
Saturday, 24 Sep 2016 - 8:18 wita

KPPU: Kepala Dinas PU Makassar Diduga Bersekongkol dengan Pengusaha

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
pu
()

CELEBESONLINE (Makassar): Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan fakta yang mencurigakan pada pelelangan proyek rehabilitasi/pemeliharaan jalan (APBD II) tahun anggaran 2014 yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar. Proyek dengan delapan paket pekerjaan senilai Rp 67, 158 miliar itu diduga dilakukan dengan persekongkolan dan mengabaikan prinsip persaingan usaha.

Melalui siaran pers KPPU ke CELEBESONLINE, disebutkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar M Ansar diduga terlibat pada persengkongkolan tersebut. Selain Ansar, KPPU enam perusahaan yang mengikuti peelangan proye tersebut. Panitia pengadaan barang dan jasa Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar tahun anggaran 2014 juga dimasukkan sebagai terlapor.

Beberapa fakta mencurigakan yang ditemukan KPPU yakni beberapa perusahaan yang ikut pelelangan itu memiliki hubungan kekeluargaan. Bahkan beberapa perusahaan dikendalikan orang yang sama. Fakta lainnya, terdapat upaya persengkokolan dalam penentuan pemenang tender proyek. Untuk menyiasati bahwa seolah-olah tidak terjadi persekongkolan, enam perusahaan mengikuti seluruh paket tender (delapan paket proyek) agar terkesan bersaing. Kenyataannya, ini cuma kedok karena setiap perusahaan akan menjadi pemenang pada paket tertentu.

KPPU pun merekomendasikan kepada Wali Kota Makassar Memberi sanksi administratif kepada Sdr. Ir. M. Ansar, M. Si. selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar selaku Terlapor I dan Pokja ULP/Panitia Pengadaan Barang dan Jasa Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Tahun Anggaran 2014 selaku Terlapor II, karena terbukti melanggar Pasal 22 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.