Thursday, 19 January 2017
Trending Topics:
Thursday, 22 Sep 2016 - 22:09 wita

Kepala SMA 5 Marah Diberitakan Lakukan Pungutan Liar

Reporter: dian |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Uang (ilustrasi)
Uang (ilustrasi)
()

CELEBESONLINE (Makassar): Kepala SMA Negeri 5 Makassar Muhammad Yusran sangat jengkel. Ia tidak terima oleh pemberitaan media yang disebutnya tidak berimbang dan tidak melakukan konfirmasi mengenai dugaan pungutan liar di sekolahnya.

CELEBES TV yang meminta konfirmasi kepadanya pun melihat Yusran masih jengkel. Dugaan pungutan liar itu terungkap setelah salah seorang orangtua siswa menyebutkan pihak sekolah memungut uang Rp 200 ribu per bulan kepada tiap siswa. Tidak hanya itu, siswa juga dibebankan biaya tertentu untuk pembangunan sarana sekolah sebesar Rp 1,5 juta.

Menurut Yusran, uang sebesar Rp 200 ribu per bulan untuk tiap siswa merupakan hasil kesepakatan dengan komite sekolah. Begitu pula dengan sumbangan partisipasi orangtua siswa berdasarkan hasil rapat kepala sekolah dengan komite sekolah dan orangtua siswa. “Kami tidak menentukan berapa jumlah uang karena ini bersifat sumbangan,” ujarnya.

Yusran menambahkan, biaya Rp 200 ribu per bulan untuk tiap siswa tidak bersifat wajib. Siswa yang bisa menunjukkan keterangan tidak mampu dari kelurahan, boleh tidak membayar yang itu. “Bahkan sumbangan sumbagan sbesar 1,5 juta tidak semua siswa dipaksakan bayar karena bersifat sumbagan sukarela. Angka Rp 1,5 juta itu dari keputusan komite, pihak sekolah hanya meneruskan penyampaian komite sekolah. Penggunaan uang itu untuk fasilitas sekolah. Semua penggunaan uang akan kami laporkan,” ujarnya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.