Monday, 27 March 2017
Trending Topics:
Wednesday, 21 Sep 2016 - 15:17 wita

Komisi 3 DPR RI: Pengalihan Kuota dari Negara Tetangga Butuh Negosiasi Panjang

Reporter: baharuddin Arifin |  Editor: Apriani - celebesonline.com

CELEBESONLINE, Makassar – Komisi 3 DPR RI menilai pengalihan kouta haji dari negara tetangga, khususnya Filipina, untuk Indonesia sangat sulit. Wacana permintaan pengalihan kuota ini karena tingginya minat masyarakat Indonesia untuk berhaji.

“Lankah pemerintah pusat untuk meminta kuota dari negara tetangga memang baik karena bisa membantu mengurangi daftar tunggu di Indonesia. Tapi prosesnya tidaklah mudah. Sebab pemerintah Indonesia harus melalui negosiasi yang panjang, termasuk juga persetujuan dengan pemerintah Arab Saudi,” kata pimpinan delegasi Komisi 3 DPR RI, Hardi Selamat Hood, saat mengunjungi Asrama Haji Sudiang, Makassar, Rabu (21/9/2016).

“Upaya dilakukan pemerintah pusat meminta kuota haji pada negara tetangga haruslah didalami lebih dalam. Sebab akan melalui proses yang panjang antar negara,” tambahnya.

Terkait dengan daftar tunggu di Indonesia, pihak Komisi 3 DPRD menjelaskan bahwa pengembalian kuota ke angka normal 225 ribu pertahun juga akan sangat membantu mengurangi tingginya daftar tunggu. Saat ini, kuota haji Indonesia pertahun hanya 158 ribu. Pengurangan ini karena ada perbaikan sarana di Arab Saudi, khususnya Masjidil Haram.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.