Thursday, 08 December 2016
Trending Topics:
Wednesday, 21 Sep 2016 - 14:03 wita

Komisi 3 DPR RI Akan Upayakan Daftar Tunggu Haji di Sulsel Lebih Singkat

Reporter: baharuddin Arifin |  Editor: yani - celebesonline.com

CELEBESONLINE, Makassar – Tingginya angka daftar tunggu haji di Sulsel yang mencapai 40 tahun lamanya menjadi perhatian serius Komisi 3 DPR RI. Tingginya daftar tunggu haji di Sulsel menjadi masalah serius dan menjadi prioritas utama yang akan dibenahi.

Terkait hal ini, pihaknya akan berupaya mengurangi tingginya daftar tunggu di Sulsel agar bisa adil dan sama dengan provinsi lainnya yang ada di Indonesia. Hal ini disampaikan pimpinan delegasi Komisi III DPR Ri, Hardi Selamat Hood, dalam kunjungan kerjanya ke Asrama Haji Sudiang, Makassar, Rabu (21/9/2016).

Kakanwil Kemenag Sulsel menjelaskan bahwa daftar tunggu di Sulsel mencapai 40 tahun lamanya. Sedangkan di daerah lain di Indonesia hanya rata-rata 10 tahun.

Menurut Hardi, agar provinsi Sulsel bisa merasakan keadilan dalam daftar tunggu hajinya yang cukup tinggi, pihaknya juga berupaya merata-ratakan daftar tunggu untuk semua provinsi yang ada di Indonesia, dimana jika terdapat provinsi yang masa tunggunya relatif singkat maka akan sedikit diperpanjang. Sehingga waktu daftar tunggu di Sulsel bisa berkurang.

Ditambahkannya bahwa jika menunggu penambahan kuota dari pemerintaha Arab Saudi, maka harus menunggu proses yang panjang, termasuk dengan menunggu rampungnya proses pembangunan di mekkah dan Madinah. “jika usulan penyamarataan daftar tunggu haji disepakati semua provinsi nantinya, maka hal ini akan sangat baik untuk mengurangi tingginya daftar tunggu di Sulsel,” ucap hardi.

“Dimana dalam usulan ini nantinya, provinsi yang daftar tunggunya singkat akan ditambah. Sementara provinsi yang daftar tunggunya tinggi, seperti Sulsel, akan dikurangi,” tambahnya.

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.