Monday, 23 January 2017
Trending Topics:
Saturday, 17 Sep 2016 - 23:44 wita

Anak Makassar, Lari 42km di Australia Pakai Baju Adat

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Ancha Hamzah Haruna
Ancha Hamzah Haruna
(FB/Rusham Haruna)

CELEBESONLINE (Makassar): Hamzah “Ancha” Haruna, anggota kelompok lari Indo Runners Makassar, akan ikut memeriahkan Blackmores Sydney Running Festival yang dimulai Minggu (18/09/2016) pagi. Ini ajang lari kelas internasional yang diselenggarakan oleh Athletics Australia dan selalu diikuti puluhan ribu pelari dari belasan negara, termasuk Indonesia.

Lomba lari ini terbagi empat kelas yakni marathon sejauh 42,195 km, kelas setengah marathon 21,0975 km, kelas Bridge Run sejauh 9 km, dan kelas keluarga sejauh 4 km. Ancha Run memilih kelas marathon.

Yang membuat Ancha berbeda dengan peserta lainnya, ia berlari tanpa alas kaki (barefoot). Tidak hanya itu, ia juga sudah menyiapkan seragam adat dengan topi jenis passapu saat berlari. “Nantinya akan dicatat oleh pihak Guinness World Record (terkonfirm dari email mereka), sebagai pelari pertama di Dunia yg berlari sepanjang 42km dengan menggunakan baju adat Bugis Makassar dengan barefoot…,” demikian penyampaian kakak Ancha, Rusham Haruna, kepada CELEBESONLINE.

Meski akan sedikit merepotkan karena baju adat berbentuk baju jas tertutup, sarung, dan topi jenis passapu, Rusham menyebut Ancha sudah siap berlari. “Ancha sudah beberapa kali melakukannya sehingga sudah terbiasa,” kata Rusham.

Rusham meminta dukungan warga Makassar agar Ancha bisa berlari sampai garis akhir. “Dia hanya hobi lari tapi dia peduli untuk mengenalkan dan mengangkat budaya baju adat dengan hobinya yaitu lari. Sekali lagi mohon doa dan dukungannya semoga apa yg diperjuangkan benar2 bisa masuk di Guinness World Record .. Aamiiin.YRA,” tulisnya di akun media sosialnya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.