Tuesday, 28 March 2017
Trending Topics:
Thursday, 15 Sep 2016 - 20:42 wita

Pemkab Gowa Bantah Bupati Dilantik Jadi Sombayya

Editor: Apriani - celebesonline.com

CELEBESONLINE, Sungguminasa – Pemerintah Kabupaten Gowa mengeluarkan imbauan kepada masyarakat terkait banyaknya informasi tentang Lembaga Adat Daerah (LAD). Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Muchlis, meminta warga untuk tidak terprovokasi.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dilantik sebagai Ketua LAD. Usai pelantikan itu, banyak informasi yang beredar jika bupati tak hanya dilantik sebagai Ketua LAD Kabupaten Gowa tapi juga sebagai raja ataupun Sombayya ri Gowa.

“Masyarakat kami imbau tetap tenang dan bisa menyaring informasi dengan baik. Kami tegaskan bahwa Pak Bupati tak pernah dilantik sebagai Raja ataupun Sombayya. Bupati hanya dikukuhkan sebagai Ketua LAD,” tegas Muchlis dalam rilisnya.

“Dalam Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Penataan Lembaga Adat dan Budaya Daerah, tidak ada yang menyebutkan bupati sebagai Raja ataupun Sombayya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gowa, Anzar Zainal Bate, menjelaskan jika yang diamanatkan sebagai ketua LAD adalah bupati sebagai jabatan bukan individu perorangan. “Bupati sebagai ketua karena jabatannya, begitupun dengan Wabup dan Sekda,” ucap Anzar.

“Jabatan ini sekaligus memegang tanggung jawab untuk menjalankan amanat dalam Lembaga Adat Daerah. Jadi bukan karena individu,” tambahnya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.