Sunday, 26 March 2017
Trending Topics:
Wednesday, 14 Sep 2016 - 15:57 wita

Ditemukan Cara Punya Anak Tanpa Butuh Sel Telur Perempuan

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Dua sel dipertemukan untuk menghasilkan embrio.
(University of Bath)

CELEBESONLINE (Makassar): Dalam pelajaran biologi, satu embrio yang kelak menjadi janin, dihasilkan melalui pembuahan sel telur oleh sel sperma. Selalu begitu.

Namun, penelitian yang dilakukan di Tony Perry, ahli embriologi molekuler di Universitas Bath, mendapatkan fakta baru. Embrio bisa dihasilkan cukup dengan menggunakan sel non-telur di tubuh manusia untuk dipertemukan dengan sel sperma.

Tony Perry mengatakan, fungsi sel telur bisa didapatkan dengan mengembangkan parthenogenote atau embrio yang terbentuk tanpa proses pembuahan. Parthenogenote yang bisa bertahan hidup selama beberapa hari itu, kemudian dipertemukan dengan sel sperma.

Penelitian itu masih dalam tahap uji coba dengan menggunakan tikus sebagai hewan percobaan. Tony Perry yakin, penelitian dengan menggunakan tikus itu kelak juga bisa diterapkan pada manusia. Artinya, seorang laki-laki bisa punya anak tanpa perlu berhubungan intim dengan perempuan. Ia bahkan cukup menggunakan sel di tubuhnya, seperti kulit atau rambutnya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.