Thursday, 30 March 2017
Trending Topics:
Tuesday, 06 Sep 2016 - 20:23 wita

Ditahan KPK, Andi Taufan Tiro Minta Maaf

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
Andi Taufan Tiro
(liputan 6)

CELEBESONLINE (Jakarta): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan anggota Komisi V DPR RI Andi Taufan Tiro seusai mantan calon Bupati Bone itu menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (06/09/2016). Pemeriksaan Taufan Tiro terkait statusnya sebagai tersangka suap proyek pembangunan jalan di Maluku dan Maluku Utara pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2016.

Dia diduga telah menerima suap dari Direktur PT Windhu Tunggal Utama, Abdul Khoir. Kasus ini merupakan pengembangan kasus yang telah menjerat dua anggota DPR, yakni Damayanti Wisnu Putranti dan Budi Supriyanto. Keduanya juga diduga telah menerima suap dari Abdul Khoir.

Begitu keluar dari gedung KPK dengan rompi oranye milik KPK, Andi Taufan Tiro lebih banyak melepas senyum. “Saya ucapkan terima kasih kepada PAN,” katanya tanpa merinci apa maksud ucapan terima kasih itu.

Andi Taufan Tiro juga meminta maaf kepada konstituennya atas penahanan tersebut. Andi Taufan Tiro merupakan anggota DPR RI yang terpilih dari daerah pemilihan (Dapil) Sulsel II.

Proyek yang melibatkan nama Andi Taufan Tiro adalah proyek pembangunan ruas Jalan Wayabula-Sofi senilai Rp 30 miliar serta proyek Peningkatan Ruang Jalan Wayabula-Sofi senilai Rp 70 miliar. Proyek tersebut berasal dari program aspirasi Andi Taufan Tiro, selaku Ketua Kelompok Fraksi PAN Komisi V DPR. Atas proyek tersebut, Taufan total mendapatkan uang sebesar Rp 7,6 miliar.

Taufan yang pernah dihadirkan dalam persidangan membantah pernah menerima sejumlah uang dari Khoir. Dia bahkan mengaku tidak mengetahui perihal proyek pembangunan jalan di Maluku yang berasal dari dana aspirasi DPR.

Namun bantahan yang dilontarkan Taufan tersebut diragukan, baik oleh majelis hakim maupun penuntut umum. Keterangan Andi dinilai tidak berkesesuaian dengan keterangan saksi lainnya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.