Monday, 23 January 2017
Trending Topics:
Tuesday, 06 Sep 2016 - 10:28 wita

Anies Baswedan: Biasakan Anak Membaca 20 Menit Sehari

Reporter: apri |  Editor: yani - celebesonline.com
Anies Baswedan / Foto: Apri
Anies Baswedan / Foto: Apri
()

CELEBESONLINE, Makassar – Membaca akan membuka wawasan. Karena itu, membaca harus dibiasakan sejak dini.

Itu pesan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, usai memberikan orasi ilmiah kepada mahasiswa baru Universitas Bosowa, kemarin.

“Literasi ada banyak dimensinya, bukan hanya kemampuan membaca. Tapi juga tentang minat baca dan daya baca. Karena itu mahasiwa harus memiliki daya baca. Kalau hanya minat baca saja, itu masih kurang,” ucapnya.

Selain itu ada juga literasi teknologi, sains, finansial, dan budaya. Menurut Anie, itu merupakan literasi dasar dan generasi muda sangat dibutuhkan kemampuan literasai dasar selain literasi baca dan tulis.

Menurut Anies, untuk menumbuhkan minat baca dan daya baca, awalnya dengan menjadikan membaca itu sebagai kebiasaan. Ia mengajak para orang tua agar tawarkan kepada anak-anak buku apa saja untuk dibaca, tentunya yang ditawarkan adalah buku-buku baik. Kemudian, jadikan itu kebiasan membaca. Orang tua berikan waktu kepada anak-anaknya untuk membaca buku selama 20 menit setiap hari, bisa tiap malam atau saat waktu senggang.

“Di sekolah sudah diwajibkan berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 yang mengharuskan di setiap sekolah siswa membaca buku selama 15 menit sebelum pelajara dimulai. Itu setiap pagi. Ini aturan untuk semua sekolah baik tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK,” ucap Anies

“Tujuannya agar membuat membaca menjadi kebiasaan. Karena kalau kita ingin memiliki budaya membca dimulainya dari diajarkan, dibiasajan, dilatih konsitesn, dikonsistenkan, dan jadi kebiasaan. Setelah jadi kebiasaan akan menjadi budaya membaca,” ungkapnya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.