Monday, 27 March 2017
Trending Topics:
Monday, 05 Sep 2016 - 14:58 wita

Ini Pesan Anies Baswedan untuk Mahasiswa Baru Unibos

Editor: Apriani - celebesonline.com
Anies Baswedan / Foto: Apri
()

CELEBESONLINE, Makassar – Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, tampil memberikan orasi ilmiah di hadapan 1.000an mahasiswa baru Universitas Bosowa (Unibos) dalam acara penyambutan maba di gedung Balai Sidang Unibos, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Senin (5/9/2016).

Anies memberikan wejangan dan arahan kepada para maba agar bisa menjadi generasi yang berprestasi.

“Saat SMA, kalian masih ada pilihan ganda untuk memilih perguruan tinggi. Tapi saat kuliah, tidak ada lagi pilihan dan ganda, yang ada pertanyaan terbuka: mau ke mana setelah lulus kuliah,” ucap Anies.

“Karena itu, dari sekarang ini, kalian menulis sendiri masa depan dalam perjalanan pasca kuliah. Karena itu, persiapkan mulai sekarang,” tambahnya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menambahkan bahwa setiap generasi ada masanya. Karena itu, mahasiswa harus membaca apa yang dibutuhkan di masa depan.

“Kalian harus jeli melihat perkembangan dan melihat apa syarat keberhasilan di masa mendatang. Jangan terpesona keberhasilan orang-orang masa lalu,” ucapnya.

Anies juga meminta agar para maba Unibos tidak hanya mengejar akademik yang baik. Tapi juga harus aktif di luar kelas, ikut organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler.

“Karena tantangan ke depan makin besar, dibutuhkan kemampuan komunikasi, kolaborasi, kepemimpinan, jiwa enterpreneur, dan lainnya. Jadikanlah Unibos sebagai tempat mengembangkan semua potensi yang kalian miliki,” pesan Anies.

Dibalik segala kemampuan akademik, Anies meminta agar mahasiswa Unibos menjaga integritas diri. Harus bisa menjaga profesionalisme dalam berkarya.

“Harus bisa berkembang dan profesional. Karena sekarang eranya orang dinilai dari prestasinya. Jadilah mahasiswa Unibos yang berintegritas tinggi dan berprestasi,” kata Anies.

“Misalnya mahasiswa Keguruan, jadilah guru yang profesional yang tidak tergantikan oleh teknologi.
Bekerja dengan inovasi dan kreativitas, maka teknologi tidak bisa gantikan.Teknologi hanya mendukung,” tuturnya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.