Saturday, 25 March 2017
Trending Topics:
Saturday, 03 Sep 2016 - 17:30 wita

Bursa Transfer Liga Inggris Habiskan Uang Rp 19 Triliun

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Paul Pogba
Paul Pogba
(@PaulPogba)

CELEBESONLINE (Makassar): Bursa transfer klub-klub Liga Inggris sudah resmi ditutup. Satu catatan menarik dari berakhirnya bursa transfer tersebut yakni sekira Rp 19,338 triliun uang dihabiskan demi membiayai pembelian atau penjualan pemain-pemain baru.

Biaya termahal untuk pembelian pemain masih tertinggi dipegang oleh Manchester United saat memidahkan Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United. Nilai perpindahan Paul Pogba sebesar 100 juta Poundsterling atau setara dengan Rp 1,7 triliun.

Paul Pogba teratas dibandingkan pemain-pemain lainnya yang juga dibiayai dengan mahal. Nama lainnya yakni John Stones (dari Everton ke Manchester City), Leroy Sane (dari Schalke ke Manchester City), Shkodran Mustafi (dari Valencia ke Arsenal), Michy Batshuayi (dari Marseille ke Chelsea), dan David Luiz (dari Paris Saint-Germain ke Chelsea).

Namun dari seluruh klub peserta Liga Premier Inggris, ada empat klub yang justru mendapatkan keuntungan dari transfer itu. Empat klub itu yakni Southampton, Liverpool, Swansea, dan Everton justru mendapatkan uang lebih banyak dari penjualan pemain dibandingkan nilai pembelian pemain. Swansea, misalnya, menghabiskan uang sebesar 15,5 juta Poundsterling untuk mendapatkan Borja Baston dari Atletico Madrid. Namun angka ini masih lebih kecil dibandingkan uang yang didapat dari penjualan Ashley Williams ke klub Goodison Park senilai 9 juta Poundsterling dan menjual Andre Ayew ke West Ham senilai 20,5 juta Poundsterling. Swansea justru meraih uang 14 juta Poundsterling.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.