Tuesday, 24 January 2017
Trending Topics:
Friday, 02 Sep 2016 - 16:26 wita
Citizen Reporter

Sekolah Islam Athirah Dominasi Lomba Kuis Ki Hajar

Editor: - celebesonline.com
CELEBESONLINE Peserta Lomba Kuis Kihajar dari Athira Boarding School Bone.
Peserta Lomba Kuis Kihajar dari Athira Boarding School Bone.
()

CELEBESONLINE (Makassar): Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan lomba Kuis Ki Hajar Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan di Hotel Grand Palace Makassar, 1-3 September 2016. Lomba ini sebagai salah satu upaya mendukung penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan.

Peserta lomba merupakan hasil seleksi dari siswa yang mengikuti kuis harian belajar secara online yang berlangsung sejak Mei 2016. Kuis harian ini selalu muncul melalui siaran televisi edukasi di website Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada masing-masing tingkatan SD/SMP/SMA.

Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan Muhammad Sidik Salam mengatakan, pihaknya mengundang 75 siswa yang diseleksi sebagai peserta untuk masing-masing tingkatan SD/SMP/SMA. Jumlah peserta yang hadir 187 siswa dari 225 yang diundang.

Lomba berlangsung tiga tahap, yaitu seleksi 25 besar dengan ujian pengetahuan online, seleksi tiga besar melalui uji keterampilan dan pemaparan karya secara digital. Seleksi terakhir merupakan seleksi final yang akan menentukan juara satu sekaligus mewakili Sulawesi Selatan dalam lomba Kuis Ki Hajar tingkat nasional pada November tahun ini.

Muhammad Sidik Salam berharap Sulawesi Selatan akan tetap berprestasi di tingkat nasional seperti tahun lalu. Pada tahun 2015, Sulawesi Selatan yang diwakili Yusril Nurhidayat dari Athira Boarding School Bone meraih Juara 2 Nasional untuk tingkat SMA. Yusril Nurhidayat sedang mengikuti pertukaran pelajar di Amerika Serikat selama satu tahun.

Athira Boarding School Bone pada tahun ini membawa 13 siswa, lima untuk tingkat SMP dan tujuh untuk tingkat SMA. Syamsul Bakhri Ibrahim yang mendampingi siswa Athira Bone mengatakan, sebenarnya ada 21 siswa yang lolos seleksi harian ke tingkat provinsi yaitu 13 siswa untuk tingkat SMP dan delapan untuk tingkat SMA. “Namun kami hanya membawa siswa terbaik setelah melalui seleksi di tingkat sekolah.”

Naufal S Panrita yang mewakili teman temannya dengan semangat mengatakan, “Kami terus belajar, Insya Allah kami akan berprestasi.” Ucapan ini disambut ucapan kompak dari siswa lainnya, “Anggun, Unggul, Cerdas,” yang merupakan motto Sekolah Islam Athira.(*)

Laporan:
Syahrul Basri
Warga Makassar

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.