Friday, 24 March 2017
Trending Topics:
Thursday, 01 Sep 2016 - 16:39 wita

Tingkatkan Cinta Budaya Sulsel, Bestek Unibos Gelar Seminar Kebudayaan

Editor: Apriani - celebesonline.com
()

CELEBESONLINE, Makassar – Kita melihat saat ini mahasiswa Indonesia semakin banyak dipengaruhi dari budaya-budaya luar. Namun, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa semestinya perlu untuk tetap mempertahankan dan menanamkan nilai kebudayaan dalam diri masing-masing.

Hal tersebut yang menjadi acuan Bengkel Seni Teknik (Bestek) Universitas Bosowa mengadakan seminar kebudayaan, Kamis (1/9/2016).
Seminar kebudayaan yang dibuka langsung Rektor Unibos Prof Saleh Pallu ini mengangkat tema “Budaya Sulsel Masih Sehat?”. Tema kegiatan ini diberlakukan dengan melihat bagaimana pemateri memaparkan kondisi budaya Sulawesi Selatan saat ini.

“Mahasiswa saat ini memang sudah terlalu banyak dipengaruhi oleh penggunaan teknologi yang mengakibatkan terjadinya perubahan kebudayaan. Sebab teknologi dapat mendukung semakin maraknya budaya barat yang masuk,” kata Prof Saleh.

“Itu sebabnya kegiatan ini juga akan memberi manfaat untuk memperkenalkan jika kita juga punya beragam jenis kebudayaan khususnya Sulawesi Selatan seperti tarian, pakaian adat, dan lain-lain yang patut untuk dipertahankan,” tambahnya.

Begitu juga yang dituturkan Riska Pratiwi selaku Ketua Umum Bestek Unibos. “Seminar kebudayaan ini dilaksanakan karena melihat budaya pada anak muda sudah terlalu banyak berubah karena modernisasi budaya. Sehingga mahasiswa tidak lupa dengan budaya yang selama ini dijaga dan tidak lupa bahwa buadaya adalah identitas kita,” ucap Riska

Seminar kebudayaan ini menghadirkan Abdul Rahim yang mewakili Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulawesi Selatan, Dr Syariar Tato selaku Ketua Badan Kerjasama Kesenian Sulsel, dan Dr Mohammad Sabri sebagai pembicara.

Kegiatan ini dilaksanakan memang sebagai salah satu rangkaian acara yang telah disusun untuk menyambut Hari Ulang Tahun Bestek Unibos yang ke-20 dan telah diprogramkan sebagai event tahunan yang memang perlu diadakan baik secara nasional maupun lokal.

Kegiatan yang diadakan di Gedung Balai Sidang 45 Makassar ini ternyata diminati para mahasiswa Unibs. Bestek menampilkan tarian empat etnis dari Makassar, Bugis, Mandar dan Toraja. Tamu dan para undangan juga disambut dengan Tarian Paduppa yang para penarinya terlihat begitu luwes.(*)

Laporan:

Dian Putri
Humas Universitas Bosowa

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.