Wednesday, 18 January 2017
Trending Topics:
Thursday, 01 Sep 2016 - 20:28 wita

Cegah Virus Zika Masuk, Sulsel Pasang Pendeteksi Panas

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com

CELEBESONLINE (Makassar): Terkait virus Zika yang ditemukan di Singapura, Dinas Kesehatan Sulsel bergerak cepat dengan memasang pendeteksi panas di Pelabuhan Makassar dan Bandara International Sultan Hasanuddin. Pemasangan alat itu untuk mencegah masuknya virus tersebut.

“Virus ini sangat berbahaya terutama bagi ibu hamil,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rachmat Latief, kepada CELEBES TV, Kamis (01/09/2016).

Rahmat Latief menambahkan, virus Zika masuk dalam tubuh sama dengan virus lainnya seperti demam berdarah. Cara mencegahnya persis sama dengan demam berdarah yaitu dengan menghabiskan jentik-jentik nyamuk dan melakukan penyemprotan.

“Kami sudah mengimbau untuk memasang detektor panas di pelabuhan dan bandara supaya virus Zika bisa dideteksi keberadaannya. Sampai saat ini kami belum menerima laporan terkait virus Zika di Sulsel,” katanya.

Rachmat Latief menjelaskan, infeksi virus Zika terjadi melalui perantara gigitan nyamuk Aedes, terutama spesies Aedes aegypti. Nyamuk yang menyebarkan virus tersebut sangat mudah berkembang biak di daerah tropis seperti di Indonesia.

Terkait penyebaran virus Zika, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berlebihan menyikapi masalah ini tetapi tetap harus waspada.(*)

Laporan: Muhammad Takdir (mahasiswa UIN Alauddin Makassar)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.