Saturday, 21 January 2017
Trending Topics:
Wednesday, 31 Aug 2016 - 10:07 wita

Kadin Apresiasi Kemitraan Unhas dan Industri

Editor: yani - celebesonline.com
Zulkarnain Arief
Zulkarnain Arief
()

CELEBESONLINE, Makassar – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel sangat mengapresiasi kemitraan yang dijalin antara perguruan tinggi dalam hal ini Fakultas Teknik Unhas dengan industri dan juga pemerintah setempat. Menurutnya, kerja sama ini penting agar sumber daya alam tidak lagi dikuasai perusahaan asing.

“Kita punya sumber daya alam yang melimpah. Tapi, kebanyakan kita mengeskpor bahan bakunya ke luar negeri lalu masuk ke Indonesia dalam bentuk barang jadi dan itu harganya mahal. Siapa yang rugi? Ya kita,” ucap Ketua Kadin Sulsel, Zulkarnain Arief.

Karena itu, kata Zulkarnain, kemitraan ini akan mengoptimalkan semua potensi yang ada untuk pembangunan daerah. FT Unhas memiliki pengalaman penelitian, fasilitas, laboratorium, dan peralatan modern serta peneliti handal. Dengan mendayagunakan aset ini, Centre of Technology (CoT) atau JK Center di kampus FT Unhas Gowa akan bertindak sebagai badan koordinasi kemitraan antara FT Unhas dengan industri dan/atau pemerintah.

Konsep kemitraan ketiga pihak ini telah dilaksanakan di berbagai negara, termasuk Jepang. Saat ini, FT Unhas memulainya dengan badan koordinasi semacam CoT untuk jangkauan wilayah timur Indonesia. “Pemerintah Jepang lewat JICA memberikan bantuan kuat terhadap pengembangan CoT dalam bentuk bantuan kerja sama teknis bernama C-Best untuk periode 2015-2020.

“Jadi, bahan baku kita tidak perlu lagi dikuasai asing lalu dkirim ke luar negeri. Tapi, kita olah sendiri, dan anggota Kadin dalam hal ini indutri siap untuk menjadi investor,” ucap Zulkarnain.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.