Friday, 20 January 2017
Trending Topics:
Monday, 29 Aug 2016 - 15:31 wita

Kepala SMAN 17 Makassar Optimis Ada Siswanya Jago Bikin Aplikasi

Editor: yani - celebesonline.com
NextDev SMAN 17
()

CELEBESONLINE, Makassar – Sebagai salah satu upayanya melengkapi ekosistem digital khususnya di segmen remaja, Telkomsel area Pamasuka menggelar NextDev Junior di SMAN 17 Makassar, Senin (29/8/2016). NextDev Junior merupakan sebuah program pelatihan pembuatan aplikasi mobile bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Selain di Makassar, kegiatan ini juga digelar di Manado, Kendari, Ambon, Jayapura, Sorong, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Ini merupakan bagian dari salah satu program Corporate Social Responsibilty (CSR) utama Telkomsel yang bertajuk The NextDev, yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013.

Di Makassar, selain di SMAN 17, NextDev Junior juga dilaksanakan di SMA Negeri 3 Makassar. Para siswa begitu antusias mengikuti kegiatan ini.

“Jaman sekarang, sebagian besar pelajar SMA menggunakan ponsel canggih. Saya minta agar mereka memanfaatkan ponsel canggihnya itu untuk meningkatkan ilmunya,” kata Kepala SMAN 17 Makassar, Syamsuddin.

“Saya yakin, banyak pelajar SMAN 17 yang kreatif dan jago IT, mereka pasti bisa membuat aplikasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Kegiatan seperti ini sangat positif sebagai wadah bagi pelajar untuk menunjukkan bakatnya,” tambah Syamsuddin.

Syamsuddin menambahkan bahwa kegiatan NextDev Junior yang dicanangkan Telkomsel sangat baik dan tepat untuk mengalihkan remaja dari pengaruh negatif internet dan kemajuan teknologi. “Kalau anak-anak remaja ini diarahkan kepada kegiatan yang positif, tidak ada lagi waktu untuk berbuat yang negatif,” ucapnya.

“Saat ini segmen remaja merupakan salah satu pengguna aktif Internet dan berbagai aplikasi digital, yang akan membangun Indonesia di masa mendatang. Untuk itu melalui NextDev Junior, kami memberikan pelatihan pembuatan aplikasi mobile kepada pelajar SMA secara berkelanjutan untuk memperkenalkan dunia aplikasi lebih dini ke segmen ini,” kata Manager Branch Telkomsel, Andi Reza. “Tentunya ini sejalan dengan visi perusahaan untuk menumbuh kembangkan ekosistem digital berbasis aplikasi.”

Melibatkan Oracle Studio dan Hicca Studio sebagai motivator dan inspirator dari pelaku industri aplikasi, pelatihan NextDev Junior terbagi atas tiga tahapan. Tahap pertama diawali dengan seminar bagi seluruh siswa di sekolah terpilih, yang kemudian diikuti dengan penjaringan kandidat siswa dan training bagi siswa terpilih.

Pelatihan ini sendiri meliputi pengenalan awal aplikasi mobile, pengenalan perangkat lunak (software) untuk membuat aplikasi, dan pembuatan aplikasi mobile sederhana. Pada tahap kedua, peserta dilatih untuk membuat aplikasi mobile yang dinamis berdasarkan layout, naskah, dan animasi. Lalu pada tahap terakhir, peserta melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi mobile tersebut untuk selanjutnya dipublikasikan sehingga dapat diunduh atau diakses secara online oleh siswa.

Tak kurang dari 700 aplikasi mobile hasil kreatifitas para siswa diperkirakan akan dihasilkan pada akhir program NextDev Junior ini. Selanjutnya akan dilakukan kompetisi antar siswa untuk aplikasi yang telah mereka dihasilkan, yang kemudian akan diikutsertakan untuk kompetisi antar sekolah.

“Dalam NextDev Junior, para siswa dibekali pengetahuan dan keterampilan ntuk membuat aplikasi mobile sebagai sarana dan metode baru dalam kegiatan belajar mengajar yang interaktif dan efektif,” jelas Reza.

NextDev Junior telah berlangsung sejak bulan Februari 2016, dan menggelar NextDev Junior di SMA-SMA terbaik di setiap provinsi secara nasional. The NextDev yang menaungi program NextDev Junior merupakan salah satu program CSR Telkomsel di industri digital kreatif berupa kompetisi pengembangan aplikasi digital, yang diharapkan akan mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia, dimana salah satu pilar utamanya adalah hadirnya berbagai aplikasi asal Indonesia yang bernilai tambah dan memiliki dampak sosial yang positif.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.