Tuesday, 28 March 2017
Trending Topics:
Friday, 26 Aug 2016 - 21:13 wita

Tingkat Kunjungan Wisatawan di Makassar dan Sulsel Meningkat 20 Persen

Editor: Apriani - celebesonline.com
()

CELBESONLINE, Makassar – Pada semester I tahun 2016, tingkat kunjungan wisatawan ke Makassar dan juga beberapa daerah lain di Makassar meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu. Peningkatan tersebut berkisar 20 persen.

Di Makassar, tingkat kunjungan dari Januari sampai Juni 2016, untuk wisawatan domestik Nusantara sebanyak 2,2 juta orang. Jumlah ini naik 20 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,8 juta orang. Sementara wisatawan manca negara mencapai 48 ribu.

“Tahun lalu, sepanjang 2015, jumlah wisatawan manca negara mencapaiu 55 ribu selama setahun. Nah, sekarang, baru semester satu jumlahnya sudah 48 ribu. Kita yakin, jumlahnya itu masih akan naik sekiatr 20 persen hingga akhir tahun nanti,” ucap KepalaBbidang Pemasaran dan Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar, Muhammad Roem, di sela-sela Sosialisasi Brand Destinasi Makassar di Hotel Ibis, Jumat (26/8/2016).

Tingkat kunjungan di Sulsel juga meningkat sekitar 20 persen. Untuk triwulan kedua 2016, wisatawan Nusantara sebanyak 3,1 juta orang sedangkan mancangara sebanyak 110 ribu orang.

“Kita melihat bahwa terjadi kenaikan, khususnya di semester kedua ini dan pelaku industri wisata juga mengakui itu. Kita akan lihat apakah ini imbas dari promosi yang kita lakukan di Malaysia beberapa waktu lalu atau apa. Yang jelas, sejauh ini, peningkatan itu dari Malaysia,” tutur Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Sulsel, Devo Khadafi.

Sementara itu, wisatawan tinggal di Sulsel antara 3-5 hari. Sedangkan di Makassar relatif lebih singkat, antara 2-3 hari.

Potensi jualan wisatawan di Makassar antara lain Sejarah, Halal Tourism, Bahari, Kuliner, dan MICE. “Khusus untuk MICE ini menjadi andalan kita, sangat berpotensi,” tutur Roem.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.