Tuesday, 28 March 2017
Trending Topics:
Thursday, 25 Aug 2016 - 19:38 wita

Warga Sulsel Apresiasi Film ‘Uang Panai’

Editor: Apriani - celebesonline.com
()

CELEBESONLINE, Makassar – Warga Makassar dan sekitarnya antusias menyambut film tentang adat Sulsel, “Uang Panai”, Kamis (25/8/2016). Mereka pun memadati bioskop di Makassar yang memutar film tersebut.

Di Makassar, ada empat bioskop yang memutar film “Uang Panai”, yaitu XXI TSM, XXI MaRI, XXI MTos, dan Panakukang 21.

Untuk premier dilakukan di XXI TSM dengan menghadirkan semua pemain dan kru film “Uang Panai”.

Film ini memberikan pemahaman bahwa uang panai dan mahar itu berbeda. Mahar itu diwajibkan dalam agama, sedangkan uang panai tidak diwajibkan. Namun, uang panai menjadi bukti keseriusan pihak laki-laki untuk meminang kekasihnya serta bagaimana “memberi harga” untuk perempuan.

Penonton pun senang dan memuji film yang dikemas dalam bentuk komedi tersebut. Salah satunya adalah Santi, warga asal Berenang.

“Film Uang Panai ini sangat saya tunggu-tunggu, Karena orang tua saya asli Bugis-Makassar cuman lama di Enrekang,” katanya. “Menurut saya, film ini sangat bagus karena mengangkat nilai budaya Bugis dan memberikan pemahaman tentang uang panai.”

Halim Gani Safia selaku sutradara film Uang Panai berharap agar ada film yang mengangkat tentang budaya setiap daerah di Indonesia.

“Bukan cuma pelak film di ibukota Jakarta yang bisa bikin film, tapi kita di daerah pun bisa dan mengangkat tentang budaya kita sendiri. Ini bisa dikenang dan diapresiasi,” ujarnya.

Halim juga berharap agar film “Uang Panai” bisa diterima seluruh masyarakat di Indonesia. Masyarakat non Bugis Makassar bisa mengenal budaya Bugis Makassar, salah satunya tentang uang panai.(*)

Laporan: Fidya Humaira Wahid

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.