Tuesday, 24 January 2017
Trending Topics:
Wednesday, 24 Aug 2016 - 19:06 wita

Dua Calon Haji Asal Maros Masih Ditahan di Philipina

Reporter: baharuddin Arifin |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
Kakbah
Kakbah
()

CELEBESONLINE (Makassar): Dari 177 jamaah caon haji (CJH) dari berbagai daerah di Indonesia yang masih ditahan di Philipina, dua di antaranya warga Maros yakni Daeng Lilong (50) dan istrinya Sitti Bainong (45). Keluarga berharap Pemerintah Indonesia segera memulangkan mereka.

Adik Daeng Lillong, Syamsuddin, mengatakan, kedua orang warga Dusun Jawi-Jawi, desa Majannang, Kecamatan Maros Baru, itu berangkat atas bujukan Haji Ilyas, seorang pegawai Kementrian Agama Kendari, Sulawesi Tenggara. Haji Ilyas masih keluarga jauh pasangan Daeng Lilong dan Sitti Bainong.

Daeng Lillong dan istrinya masing-masing membayar Rp 200 juta ke Haji Ilyas yang dibayar bertahap selama tiga tahun. Haji Ilyas menawarkan mereka biro perjalanan haji plus.

“Saya sempat curiga cara mereka berangkat. Dari rumah menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, memakai pakaian layaknya seragam calon jamaah haji umumnya. Namun, setelah sampai di bandara, pakaian yang mereka kenakan diminta dilepas pengurusnya,” katanya.

Anak kandung Daeng Lillong mengatakan, orangtuanya berangkat 17 Agustus 2016. Mereka ditelepon dan disuruh ke bandara oleh seorang perwakilan biro perjalanan haji. “Perwakilan itulah yang menjemput orangtua saya untuk selanjutnya menuju ke Philipina,” kata Muhammad Syahir, anak kandung Daeng Lillong.

Muhammad Syahir berharap orangtuanya yang masih tertahan di Philipina baik-baik saja. “Semoga bisa kembali ke Indonesia dengan selamat,” katanya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.