Friday, 20 January 2017
Trending Topics:
Tuesday, 23 Aug 2016 - 22:21 wita

Tersangkut Kasus Jamaah Berpaspor Philipina, Kantor Ditutup

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
Kakbah
Kakbah
()

CELEBESONLINE (Makassar): Beberapa kantor biro perjalanan haji di Kota Makassar yang memberangkatkan calon jamaah haji asal Sulawesi Selatan yang tertangkap di Filipina, tidak lagi berisi kegiatan. Kantor-kantor ditutup.

Satu di antaranya Kantor pelayanan pemberangkatan haji dan umrah PT Aulad Amin Tour Makassar di Jalan Karumpa, Pasar Daya Modern. Pintu besi rumah toko yang diubah menjadi kantor tersebut tertutup rapat. Gagang pintu dikunci dengan rantai besi.

PT Aulad Amin Tour merupakan satu dari tujuh biro perjalanan haji dan kelompok bimbingan haji yang tersangkut kasus pemberangkatan jamaah calon haji asal Sulsel yang menggunakan parpor Philipina. Biro perjalanan tersebut mengupayakan warga Sulsel yang hendak berhaji menggunakan paspor Philipina. Tujuannya, agar calon jamaah haji tidak perlu terlalu lama berada dalam daftar tunggu yang sudah terlalu banyak di Makassar. Demi menarik peminat, biro perjalanan haji menawarkan biaya yang sangat murah.

Kasus ini terungkap setelah pihak berwenang Imigrasi Philipina menangkap 177 jamaah calon haji asal Sulsel, Jumat (19/08/2016) siang di bandara Manila, Philipina. Semua yang tertangkap asal Sulsel menggunakan paspor Philipina.

Pihak berwenang curiga dengan mereka karena tidak seorang pun bisa menggunakan bahasa setempat. Bahkan hanya sebagian kecil yang mengerti bahasa Inggris. Dari kecurigaan tersebut, mereka ketahuan menggunakan paspor Philipina meskipun bukan warga Philipina.

Kemungkinan besar, biro perjalanan haji memanfaatkan mereka yang tergiur dengan biaya perjalanan haji yang murah dan mereka yang tidak mau masuk dalam daftar tunggu haji asal Sulsel.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.