Tuesday, 24 January 2017
Trending Topics:
Tuesday, 23 Aug 2016 - 21:00 wita

Tazkiyah Bantah Terlibat Kasus Calon Haji Paspor Philipina

Reporter: azwar |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
Kakbah
Kakbah
()

CELEBESONLINE (Makassar): Satu dari tujuh biro perjalanan dan kelompok bimbingan haji di Makassar yang masuk daftar biro yang memberangkatkan calon haji melalui negara Philipina, memberikan bantahan. Ahmad Yani Fahruddin, pemilik biro perjalanan Tazkiyah, menyebut tidak terlibat dalam praktik penipuan itu.

“Jamaah yang kami berangkatkan malah sudah ada di Mekkah. Jadi kami tidak terlibat dalam kasus itu. Mungkin ada perusahaan yang mirip dengan nama kami,” kata Ahmad Yani Fahruddin kepada CELEBES TV.

Nama biro perjalanan haji Tazkiyah Travel and Tour masuk dalam daftar tujuh biro perjalanan dan kelompok bimbingan haji yang memberangkatkan jamaah calon haji asal Sulsel melalui Philipina. Ahmad Yani menduga, ada perusahaan lain yang melakukan perbuatan itu dan kebetulan mirip dengan nama perusahaannya. Ia meminta pihak Kanwil Departemen Agama Sulsel untuk mengusut kasus tersebut.

“Kami memberangkatkan 107 jamaah calon haji dan semua jamaah asal Sulsel tersebut telah tiba di tanah suci Mekah. Kami berangkatkan melalui Makassar,” katanya.

Kasus ini terungkap setelah pihak berwenang Imigrasi Philipina menangkap 177 jamaah calon haji asal Sulsel, Jumat (19/08/2016) siang di bandara Manila, Philipina. Semua yang tertangkap asal Sulsel dengan menggunakan paspor Philipina.

Pihak berwenang curiga dengan mereka karena tidak seorang pun bisa menggunakan bahasa setempat. Bahkan hanya sebagian kecil yang mengerti bahasa Inggris. Dari kecurigaan tersebut, mereka ketahuan menggunakan paspor Philipina meskipun bukan warga Philipina.

Kemungkinan besar, biro perjalanan haji memanfaatkan mereka yang tergiur dengan biaya perjalanan haji yang murah dan mereka yang tidak mau masuk dalam daftar tunggu haji asal Sulsel.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.