Saturday, 21 January 2017
Trending Topics:
Tuesday, 16 Aug 2016 - 16:22 wita

Polda Sulsel Gagalkan Penyelundupan Hewan Liar

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Polisi
Polisi
()

CELEBESONLINE (Makassar): Direktorat Polisi Air Polda Sulselbar berhasil menggagalkan penyelundupan satwa liar yang berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Satwa ini semula akan dijual melalui internet.

Hewan yang disita sebanyak 17 ekor di antaranya elang hitam Sulawesi, burung hantu, dan berang-berang. Usai disita, hewan tersebut langsung diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BLSDA) Provinsi Sulsel untuk dikarantina. Satwa tersebut diselundupkan dengan menggunakan kapal motor KM Madani Nusantara yang bertolak dari Balikpapan menuju Makassar.

Direktur Ditpolair Polda Sulselbar Kombes Polisi Purwoko Yudianto menegaskan, penyelundupan satwa liar ini gagal berkat informasi warga terkait barang mencurigakan di Pelabuhan Makassar. “Kami sudah menggeledah dengan menemukan kardus berisi satwa liar di dalam truk. Kami juga menangkap dua pengemudi truk berinisial “BB” dan “SH” dan kini sudah diamankan di Kantor Ditpolair Polda Sulselbar untuk dimintai keterangan.

Kabid Teknis BKSDA Provinsi Sulsel Ferry AM Liuw menegaskan, puluhan satwa yang dilindungi ini akan dititipkan di kandang transit di Lembaga Konservasi dan kemudian akan dilepas ke habitatnya di Kalimantan Timur.

“Jika terbukti melakukan penyelundupan, kedua kurir ini disangkakan Pasal 40 Ayat (4) UU no 5 tahun 1999 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya dengan ancaman 1 tahun penjara dan denda Rp 50 juta,” kata Ferry.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.