Monday, 23 January 2017
Trending Topics:
Friday, 12 Aug 2016 - 10:26 wita

KPPU Makassar Temukan 4 Perusahaan Ayam Ras Yang Diduga Salahi Pola Kemitraan

Editor: yani - celebesonline.com
Ramli Simanjuntak
Ramli Simanjuntak
()

CELEBESONLINE, Makassar – Pola kemitraan antara Inti dan Plasma di bidang ayam ras ternyata masih belum sepenuhnya sesuai aturan. Malahan, ditemukan sejumlah Inti yang menjadi perusahan besar membuat peraturan yang terkesan “mencekik” Plasma.

KPPU Kantor Perwakilan daerah (KPD) Makassar melakukan penyelidikan kepada 12 Inti yang beroperasi di Makassar. Dari 12 itu, ada 4 perusahaan yang dinilai menyalahi aturan pola kemitraan antara Inti dan Plasma. Perusahaan tersebut adalah PT Ciomas, PT JASS, PT BSB, dan PT Wonokoyo.

“Ini adalah perusahaan nasional yang memiliki anak cabang di Makassar. Ini inisiatif kita dari enam bulan ini meneliti bagaimana perjanjian kemitraan yang ada di Makassar. Kita bahkan blusukan untuk dapatkan perjanjiannya,” kata Kepala KPPU KPD Makassar, Ramli Simanjuntak.

“Setelah kita teliti, ternyata ada perjanjian yang kurang pas sesuai dengan aturan perjanjian kemitraan. Itulah yang kita evaluasi dan masuk dalam penyelidikan sekarang,” tambahnya.

Ramli mengatakan bahwa pihaknya melakukan pendekatan persuasif untuk menyelesaukan temuan tersebut. Dari pendekatan itu, kata Ramli, PT Ciomas sudah berjanji akan melakukan revisi perjanjian kemitraannya.

Untuk mengurangi adanya ketidakseimbangan pola kemitraan natara Inti dan Plasma, KPPU pun menggelar sosialisasi “Diseminasi Prinsip Perjanjian Kemintraan Pola Inti Plasma Bidang Usaha Peternakan Ayam Ras 2016” di Hotel Santika Makassar, Jalan Sultan Hasanuddin, Kamis (11/8/2016). “Melalui kegiatan ini, ke depannya, perjanjian mereka nanti lebih sesuai, lebih bagus,” ucap Ramli.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.