Tuesday, 28 March 2017
Trending Topics:
Thursday, 04 Aug 2016 - 20:27 wita

Danau Balang Tonjong Kian Memprihatinkan

Reporter: dian |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Danau Balang Tonjong
Danau Balang Tonjong
()

CELEBESONLINE (Makassar): Danau Balang Tonjong yang dulu menjadi daerah wisata favorit di Kecamatan Mannggala, Kota Makassar, kian memprihantinkan. Danau seluas tujuh hektar itu sudah tak terurus sehingga keindahannya sudah tidak terlihat.

Padahal sejak tahun 2011 atau sejak Wali Kota Ilham Arief Sirajuddin, danau ini akan ditata menjadi kawasan wisata yang lebih menarik. Pemerintah malah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar namun dana itu dikembalikan ke kas pemerintah karena terkendala sengketa bahwa Danau Balang Tonjong adalah lahan adat.

Danau Balang Tonjong dibangun sekitar tahun 1997 oleh milik Pemerintah Kota Makassar dan dikelola Dinas Pariwisata dan Industri Kreatif. Dahulu daerah ini ramai dikunjungi penduduk lokal maupun pelancong luar Makassar. Baruga Balong Tonjong tak hanya menjadi tempat rekriasi keluarga untuk menikmati pemandangan danau terluas di Makassar itu, juga menjadi tempat memancing ikan terfavorit warga Makassar

Namun seiring waktu kondisi Danau Balang Tonjong berubah menjadi angker lantaran tidak mendapat pengelolaan yang baik. Baruga yang menjadi tempat bernaung sudah rusak.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.