Tuesday, 28 March 2017
Trending Topics:
Saturday, 30 Jul 2016 - 20:07 wita

Gara-gara Jiwa Nasionalisme Menurun, Penjualan Bendera Lesu

Reporter: zhizhi |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Bendera merah putih.
Bendera merah putih.
()

CELEBESONLINE (Makassar): Jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2016, sejumlah pedagang mulai ramai berjualan bendera merah putih dan umbul-umbul di beberapa ruas jalan Kota Makassar. Seperti di bahu jalan AP Pettarani, berbagai jenis dan ukuran bendera dijual.

Pedagang juga menjual bendera dengan latar gambar burung Garuda, kipas merah putih, pita merah putih, dan bendera-bendera mini. Khusus untuk dipasang di tiang bendera, penjual menyediakan 120 cm hingga 180 centimeter.

Harga bendera yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 90 ribu perlembar. Harga disesuaikan bahan dan ukuran bendera.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, punjualan bendera di tahun 2016 ini menurun. Pada tahun lalu, Dion Alfairah, pedagang bendera, bisa mndapatkan satu sampai dua juta Rupiah dalam sehari, namun pada tahun ini hanya mampu menghasilkan Rp 500 ribu dalam sehari,

“Penjualan bendera menurun karena permintaan konsumen menurun. Penyebabnya, semangat dan jiwa nasionalisme masyarakat menyambut perayaan 17 Agustus makin menurun,” kata Dion.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.