Wednesday, 25 January 2017
Trending Topics:
Thursday, 28 Jul 2016 - 20:55 wita

Menyegarkan Nilai Kesaudagaran (2)

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Andi Suruji
Andi Suruji
()

CELEBESONLINE (Makassar): Acapkali kita menstigma saudagar pada sisi negatif. Serakah, menghalalkan segala cara, memanfaatkan loophole hukum dan etika rendah. Padahal saudagar memiliki sifat, nilai, dan karakter yang kuat sebagai modal untuk membangun masyarakat. Saudagar adalah pekerja keras, cerdik melihat peluang, cerdas memanfaatkan situasi dan kondisi, serta pantang menyerah dan pandai menyiasati kesulitan yang dihadapi. Saudagar memiliki spirit kepeloporan membangun, bukan merusak peradaban. Solidaritas pada sesama dan setia pada nilai kejujuran dan sportivitas yang kuat.

Saudagar sukses acapkali mempertaruhkan segalanya, bahkan jiwa dan raga untuk membangun pondasi kehidupannya, melebarkan usaha menyediakan kehidupan untuk manusia dan alam sekitarnya. Saudagar yang memahami hak dan melaksanakan tanggungjawabnya. Bukan saja tanggung jawab pada dirinya, tetapi juga pada daerah dan negara. Inilah nilai-nilai yang harus disegarkan kembai (reinvigorating).

Wakil Presiden HM Jusuf Kalla yang kebetulan penggagas PSBM, saudagar tulen, akan menghadiri tiga acara sekaligus dalam lawatan mudiknya. Selain PSBM, JK juga akan menghadiri peresmian Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa dan Jambore Palang Merah. Sangat simbolik. Ketiganya sangat erat kaitannya.

PMI adalah simbol kemanusiaan. Fakultas Kedokteran adalah pilar pendidikan dan pilar kesehatan masyarakat. Pendidikan dan kesehatan yang baik adalah hak asasi manusia.

PSBM adalah sarana untuk memperkuat tekad, merevitalisasi spirit, meletakkan kembali secara proporsional harkat dan martabat kemanusiaan, untuk kembali pada fitrah sebagai manusia jujur, adil, betanggung jawa, amanah, antikorupsi dan antinarkoba, manusia yang bekerja keras serta berjiwa pembangun, bukan perusak peradaban dan keadaban.

Kiranya ini menjadi bahan renungan bagi kita semua, para saudagar yang telah sukses membangun kehidupannya. Kita ingin melahirkan lebih banyak saudagar lagi, sebagai kontribusi Sulawesi Selatan dalam gerak dinamis pembangunan bangsa, antisipatif dan berdaya saing kuat dalam persaingan global, terutama dalam pembangunan peradaban manusia Bugis-Makassar.(*)

Andi Suruji,
Pemimpin Umum Tribun Timur dan Pemimpin Redaksi Celebes TV
Tulisan ini dimuat Tribun Timur, edisi Senin 25 Juli 2016

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.