Wednesday, 18 January 2017
Trending Topics:
Friday, 22 Jul 2016 - 10:42 wita

Usai Diperiksa Dua Tersangka Korupsi Dana Koperasi Langsung Ditahan

Editor: yani - celebesonline.com
ilustrasi
ilustrasi
(int)

CELEBESONLINE (Makassar): Kejaksaan Tinggi Sulsel memeriksa dua tersangka dugaan korupsi aliran dana simpan pinjam Kementerian Koperasi, Gemawan dan Surya Razak selama belasan jam. Setelah diperiksa secara intensif, keduanya langsung ditahan.

Gemawan dan Surya melakukan penyelewengan terhadap Pengelolaan Dana Bantuan Bergulir serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PDB UMKM) dari Kementerian Koperasi RI yang disalurkan tahun 2011-2012 untuk di wilayah Makassar.

Keduanya terbukti melakukan tindakan melawan hukum dengan cara memanipulasi data koperasi simpan pinjam miliknya. Keduanya memanipulasi data sebagai penerima dana bergulir di Kementrian Koperasi yang menyebabkan total kerugian negara belasan milir Rupiah.

Kasi Pengkum Kejati Sulsel, Salahuddin, menjelaskan bahwa kedua tersangka yang ditahan itu merupakan ketua koperasi dari dua koperasi berbeda di Kota Makassar. Mereka penerima dana bantuan bergulir melalui Kementrian Koperasi dengan memanipulasi data koperasi simpan pinjam.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, keduanya dijerat Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi dengan pasal berlapis. Masing-masing Pasal 2, Pasal 3, dan dan Pasal 9 Undang Korupsi.

Keduanya diancaman kurungan minimal empat tahun penjara atau maksimal puluhan tahun penjara.

Kejati Sulsel yang menyeldiki dugaan kasus korupsi dana bergulir Kementrian Koperasi itu juga mengendus adanya lima koperasi lainnya di Kota Makassar sebagai penerima dana bantuan bergulir.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.