Monday, 05 December 2016
Trending Topics:
Tuesday, 19 Jul 2016 - 6:53 wita

AJI Makassar Gelar Pelatihan Gabungan Komunitas Perempuan dan Jurnalis

Editor: yani - celebesonline.com
AliansijurnalisIndependen
()

CELEBESONLINE (Makassar): Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Makassar memberikan perhatian besar terhadap isu perempuan. Salah satunya dengan menggelar pelatihan gabungan antara komunitas perempuan dengan para jurnalis.

Pelatihan bersama dengan tema “Memahami Lebih Utuh Isu-isu Perempuan” itu dilaksanakan mulai besok, Rabu (20/7/2016) sampai Kamis (21/7/2016) di MaxOne Hotel, Jalan Taman Makam Pahlawan, Makassar.

Panitia kegiatan mengundang belasan aktivis perempuan serta jurnalis peduli gender menjadi peserta pada kegiatan yang didukung oleh Development and Peace (DnP) itu.

Ketua Panitia Pelatihan Gabungan, Kink Kusuma Rein, mengatakan bahwa tujuan akhir dari kegiatan ini agar jurnalis lebih memahami isu-isu yang berkembang di kalangan perempuan. Selama ini, kata dia, banyak kasus-kasus yang menimpa perempuan tidak sampai ke jurnalis. 

“Kasus-kasus kekerasan dan isu perempuan kadang kala tidak sampai kepada jurnalis,” kata Kink dalam rilisnya ke CELEBESonline.com.

Selain itu, lanjut dia, pemberitaan yang proporsional tentang isu perempuan di media massa diharapkan akan membuka mata publik terkait kesetaraan gender. Lebih dari itu, intensitas pemberitaan isu perempuan diharapkan juga mampu mendorong perhatian besar pemerintah.

“Pemberitaan di media massa berperspektif gender akan memberikan input positif kepada para pengambil kebijakan,” ujar Kink yang juga berprofesi sebagai fotografer.

Menurut Kink, hari pertama pelatihan gabungan akan diisi dengan penyajian materi serta diskusi. Ada tiga materi yang disajikan kepada peserta yakni,  brainstorming soal isu-isu perempuan yang akan dibawakan oleh Ema Husein selaku aktivis perempuan.

Selain Ema, Muliadi Mau yang merupakan akademisi Unhas juga akan membawakan materi agar peserta pelatihan mampu memahami isu-isu perempuan dalam konteks kekinian. Sementara materi kode etik penulisan tentang perempuan akan dibawakan Andi Hajra Murni, jurnalis senior dari The Jakarta Post. 

Untuk hari kedua pelatihan, peserta akan melakukan kunjungan ke salah satu kantor media massa dan Sekretariat Forum Pemerhati Masalah Perempuan di Makassar.

Ketua AJI Makassar, Qodriansyah Agam Sofyan, menekankan pentingnya jurnalis memahami isu-isu perempuan. AJI Makassar, kata dia, selalu berada pada garda terdepan dalam merespon isu-isu terhadap perempuan.

Agam mengemukakan, salah satu wujud keseriusan AJI Makassar terhadap isu perempuan dengan membentuk divisi khusus perempuan. Divisi Perempuan AJI Makassar baru dibentuk tahun ini berdasarkan hasil Konferensi Kota AJI Makassar, beberapa bulan lalu.

Melalui kegiatan ini, Agam mengharapkan koordinasi yang sinergis antara perempuan dengan jurnalis kian terjalin dengan baik. “Distribusi informasi dari komunitas perempuan tentang kasus-kasus perempuan cepat sampai ke jurnalis,” harapnya.

Pelatihan gabungan ini merupakan lanjutan dari pelatihan-pelatihan sebelumnya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.