Sunday, 22 January 2017
Trending Topics:
Saturday, 16 Jul 2016 - 10:39 wita

Uang Yang Beredar Selama Ramadan dan Lebaran Sebanyak Rp 5,8 Triliun

Editor: yani - celebesonline.com

CELEBESONLINE (Makassar): Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel merilis uang yang diedarkan selama Ramadan dan Lebaran dalam lingkup kerjanya mencapai Rp 5,8 triliun. Nilai itu naik dari moment yang sama tahun lalu yaitu sebesar Rp 5,4 triliun atau meningkat 8 persen.

Hal itu diungkapkan Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel, Causa Imam Karana, dalam halal bi halal bersama sejumlah wartawan di Rumah Jabatan, kemarin.

Jumlah uang yang beredar tersebut masih bisa diantisipasi pihak BI. Pasalnya, jumlah itu jauh dari perkiraan BI.

“Berdasarkan proyeksi kebutuhan masyarakat dan perbankan untuk Ramadan dan Idul Fitri diperkirakan sebesar Rp Rp 8 Triliun. Jadi, kita siapkan lebih dari nilai itu. Kita siapkan Rp 9 triliun sampai Rp 10 triliun,” kata Pak Cik, sapaan akrab Causa Imam.

“Uang yang beredar tidak melebihi dari persiapan kita. Uang yang dikeluarkan BI hanya Rp 5,8 triliun. Itu masuk bilangan yang kecil dan besar ya,” kata Pak Cik.

Sementara untuk penukaran yang terbilang dalam kategori uang kecil (pecahan Rp 20 ribu ke bawah) tercatat sebesar Rp 28 miliar dengan sebanyak 6.151 penukar. Jumlah itu naik 45 persen dibanding tahun lalu dimana penukar jumlahnya 4.000an orang.

“Ini fenomeda yang terjadi setiap Ramadan, terutama jelang Idul Fitri,” kata Causa.

Selain itu, BI juga mengekuarkan Rp 3,042 triliun untuk perbankan. Jumlah itu menurun jika dibandingkan tahun lalu yang berkisar Rp 2,3 triliun.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.