Tuesday, 06 December 2016
Trending Topics:
Wednesday, 13 Jul 2016 - 10:35 wita

Fakultas Pertanian Unibos Akan Kembangkan Klinik Agribisnis

Editor: yani - celebesonline.com
Unibos
(int)

Perluas Jejaring Guna Tingkatkan Kualitas
CELEBESONLINE (Makassar): Fakultas Pertanian Universitas Bosowa (Unibos) menjadi salah satu insitusi yang mendapat kepercayaan oleh Kementerian Pertanian untuk mendampingi petani jagung di daerah Sulawesi Selatan. Pendampingan ini adalah bentuk tindak lanjut dari berbagai kerja sama dan jaringan yang luas dengan berbagai pihak.

Saat ini, Fakultas Pertanian terus membenahi diri dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan kualitas luaran. “Berbagai inovasi telah kami laksanakan dan rancang,” ungkap Dr Syarifuddin selaku Dekan Fakultas Pertanian.

Kedepannya, Fakultas Pertanian akan membuat Klinik Agribisnis. Klinik Agribisnis ini berfungsi sebagai lembaga yang bertanggung jawab untuk menerima masukan dan juga meramu konsep untuk mengembangkan pertanian secara keseluruhan.

Sebagai langkah awal dari rancangan ini, Fakultas Pertanian telah melakukan kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Selatan untuk melakukan kegiatan pelatihan management perdagangan ekspor impor.

“Kami menyadari bahwa memperluas jaringan dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak tentunya adalah kekuatan untuk meningkatkan kualitas,” ungkap Syarifuddin. Berbagai institusi dirangkul, tidak hanya dalam lingkup kotamadaya dan nasional, namun juga pada tingkat kabupaten. Termasuk Dinas Peternakan Kabupaten Bone.

Bersama Dinas Peternakan Kabupaten Bone, Fakultas Pertanian Unibos membangun Kampung Sapi. Kampung sapi ini dirancang sebagai galeri yang menyediakan rumput berkualitas unggul yang bisa dikonsumsi oleh sapi. Melalui Kampung Sapi ini, akan dibangun kesadaran masyarakat untuk mengelola ternaknya dengan baik dan benar.

Misalnya dengan memberikan pelatihan pembuatan silase, serta berbagai inovasi untuk menstabilkan penyedian makanan ternak pada saat musim hujan maupun musim kemarau. Selanjutnya masyarakat akan diberi pelatihan bagaimana membuat silase, membuat inovasi agar pada saat musim hujan, dan pada saat musim kemarau dapat digunakan sebagai makanan ternak.

Sejauh ini, Fakultas Pertanian Unibos telah mengamati berbagai kendala masyarakat dalam mengembangkan dan mengelola ternaknya. Syarifuddin mengungkapkan bahwa sejauh ini masalah terkait penyediaan pangan untuk ternak masih menjadi kendala besar di Kabupaten Bone. “Sebagai tanggung jawab kami, kami memulai inovasi dengan melakukan penyebaran merata bagi mahasiswa kami yang sedang melaksanakan KKN,” ucapnya.

“Karena program yang berhasil, hingga saat ini telah banyak desa yang ingin bermitra dengan Fakultas Pertanian Unibos. Namun, kuantitas mahasiswa kami yang belum mampu menjangkau lebih banyak daerah lagi,” tutupnya.(*)

Laporan:
Ayu Adriyani
Humas Universitas Bosowa

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.