Saturday, 10 December 2016
Trending Topics:
Monday, 11 Jul 2016 - 22:47 wita

Ini Penyebab Lampu Padam di Bandara Hasanuddin

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE PLN
PLN
()

CELEBESONLINE (makassar): Pihak Angkasa Pura I melalui GM Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Akhmad Munir, telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait pemadaman lampu penerangan di bandara selama 7 menit. Pemadaman terjadi tujuh kali.

Disebutkan, aliran listrik dari PLN terputus ke gedung terminal bandara pada pukul 20:01. Generating set (genset) bandara secara otomatis kemudian mengambil alih peran memasukkan aliran listrik yang gagal disediakan PLN.

Aliran listrik yang terputus selama 89 detik kemudian kembali tersedia, namun kemudian tiba-tiba terjadi kegagalan sistem sinkronisasi pada genset sehingga kembali terjadi pemadaman. Sistem otomasi di genset lalu diubah menjadi manual tetapi masih juga gagal. Meski sudah dilakukan sinkronisasi manual sebanyak empat kali, nyatanya, pasokan listrik masih gagal diupayakan.

Akhirnya sinkronisasi pasokan listrik dialihkan ke genset 3+1 tetapi juga gagal berfungsi meski sudah dua kali diupayakan. Setelah diketahui bahwa tegangan lsitrik PLN sudah normal di posisi 19.800 Volt Amphere, genset kemudian dimatikan secara manual dan aliran listrik diambil dari pasokan PLN yang sudah normal kembali.

“Permasalahan kegagalan power pukul 20.01 sampai 20.12 Wita akibat kegagalan sinkron by control. Sementara dilacak kerusakannya untuk perbaikan,” demikian penjelasan GM Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar Akhmad Munir.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.