Tuesday, 24 January 2017
Trending Topics:
Wednesday, 29 Jun 2016 - 13:45 wita

BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Layanan Saat Mudik, Tanpa Rujukan

Editor: yani - celebesonline.com
BPJS Kesehatan
()

CELEBESONLINE (Makassar): Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menerapkan kebijakan khusus dengan memberikan kemudahan bagi peserta selama mudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Para peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sedang mudik dijamin memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana.

Kebijakan pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak H-7 sampai H+7 lebaran. Atau berlaku sejak hari ini, Rabu (29/6/2016), sampai 14 Juli 2016 nanti. Setelah itu, akan kembali pada prosedur semula.

Kepala BPJS Kesehatan Kota Makassar, dr Elsa Novelia, dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (29/6/2016) menghimbau agar peserta selalu membawa kartu BPJS, KIS, Askes, ataupun Jamkesmas. “Syarat untuk dilayani pasti bahwa dia adalah peserta, dan itu dibuktikan dengan memperlihatkan kartu,” ucap de Elsa.

“Peserta BPJS atau JKN maupun KIS yang mudik dapat mendapat pelayanan kesehatan maupun pengobatan tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan tempatnya mendaftar. Bahkan peserta tidak perlu mendapat rujukan dari puskesmas atau klinik,” ucap dr Elsa.

Peserta BPJS Kesehatan yang sakit saat berada di kampung halaman atau dalam perjalanan bisa langsung menghubungi rumah sakit atau puskesmas yang telah ditunjuk kantor cabang tanpa harus mengeluarkan biasa tambahan.

Dokter Elsa menambahkan, pihaknya sudah meminta kepada rumah sakit dan puskesmas agar tetap standby 24 jam agar sedia jika ada peserta yang butuh pertolongan medis.

Untuk memberikan pelayanan maksimal saat mudik, BPJs Kesehatan menyiapkan lima Posko Mudik BPJS Kesehatan 2016. Titik-titik tersebut adalah Pelabuhan Merak (Banten), Pelabuhan Soekarno-Hatta (Makassar), Pelabuhan Gilimanuk (Bali), Terminal Kampung Rambutan (Jakarta), dan Terminal Bungurasih (Surabaya). (*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.