Monday, 23 January 2017
Trending Topics:
Monday, 27 Jun 2016 - 18:56 wita

Persija dan GTS Rugi Banyak Setelah Dihukum Kemenpora

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Menpora Imam Nahrawi saat memimpin pertemuan Kemenpora, Persija, GTS, danKepolisian RI.
Menpora Imam Nahrawi saat memimpin pertemuan Kemenpora, Persija, GTS, danKepolisian RI.
(Twitter/@Kemenpora_RI)

CELEBESONLINE (Makassar): Kementrian Pemuda dan Olahraga menjatuhkan hukuman kepada Persija Jakarta dan PT Gelora Trisula Semesta atas kerusuhan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 24 Juni 2016. Hukuman itu muncul setelah pertemuan Menpora Imam Nahrawi, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Gatot S Dewa Broto, Direksi Utama PT Gelora Trisula Semesta (GTS), Sekjen PSSI Joko Driyono, Ferry Paulus (Persija), dan Wakil Kepala Polisi Resort Jakarta Pusat Verdianto, di Kantor Menpora, Senayan, Jakarta, Senin (27/06/2016) siang.

Hukuman untuk Persija yakni tidak boleh menjadi tuan rumah selama enam kali pertandingan, harus mengganti kerugian akibat kerusuhan, dan menanggung biaya korban bentrok. Hukuman untuk GTS yakni ikut menanggung biaya kerusakan yang terjadi akibat bentrok dan menanggung seluruh biaya perawatan korban bentrok.

Berikut hasil kesimpulan pertemuan tersebut sebagaimana dikutip dari situs Kemenpora Indonesia:
1. Kompetisi ISC tetap dilanjutkan oleh PT GTS selaku operator kompetisi dengan syarat berkewajiban melakukan evaluasi sekaligus perbaikan penyelenggaraan pada pertandingan tersisa khususnya penguatan sistem pengamanan kompetisi.
2. Menyelesaikan dampak keributan pertandingan turnamen ISC yang terjadi pada Jumat (24/6) malam di SUGBK Senayan, Gresik dan Sleman pada waktu sebelumnya.
3. Menjamin kejadian serupa tidak terulang kembali dengan melakukan evaluasi menyeluruh.
4. Menyampaikan dokumen jaminan laporan penyelesaian paling lambat 15 Juli 2016 kepada Kemenpora.
5. Kemenpora akan membentuk Tim Monitoring agar semua pertandingan sisa ISC 2016 bisa termonitor dan berjalan baik sehingga apabila ada gejala dapat terselesaikan dengan cepat.
6. Menjatuhkan hukuman/sanksi kepada Persija untuk tidak boleh menjadi tuan rumah selama 6 kali pertandingan.
7. Suporter Jak Mania tidak diijinkan menghadiri turnamen selama berlangsungnya ISC atau minimal tidak boleh menggunakan atribut Jak Mania dalam bentuk apapun selama 6 pertandingan.
8. Persija dan PT. GTS selaku panitia penyelenggara harus mengganti kerugian material yang ditimbulkan termasuk menanggung biaya yang menjadi beban para korban bentrok Jumat (24/6) malam.
9. Pemerintah melalui Kemenpora akan memberikan teguran berupa sanksi administratif kepada PT GTS sesuai UU No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.
10. Pemerintah meminta kepada Persija untuk melakukan pembinaan atau edukasi menyeluruh dan total kepada fans/Jak Mania agar konsolidasi dapat benar-benar dikendalikan oleh Persija.

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.