Wednesday, 25 January 2017
Trending Topics:
Wednesday, 22 Jun 2016 - 22:26 wita

Qasim Mathar: Puasa Orang Beriman Jangan Manja

Editor: yani - celebesonline.com
Qasim Mathar
()

CELEBESONLINE (Makassar): Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Dr Qasim Mathar, tampil memberikan kultum pada acara Forum Jurnalis KPPU dan buka puasa bersama “Bebas Kartel Indonesia Makmur” bersama Gedung Keuangan Makassar, Rabu (22/6/1017).

Dalam ceramahnya, Prof Qasim menegaskan bahwa puasa untuk orang yang beriman bikan orang berislam. “Karena orang beriman sudah pasti Islam, dan orang berislam belum tentu beriman,” katanya.

“Puasa orang beriman itu jangan manja. Karena saya melihat sekarang di Indonesia ini orang puasa tapi manja, ini ciri puasa orang berjalan tapi tidak beriman,” katanya.

Menurutnya, pada saat Ramadan, orang beriman menjalankan puasa tanpa mengubah tatanan kehidupan yang sudah berjalan. Tidak tergoda dengan keadaan sekitarnya.

“Jadi, puasa tidak mengubah pola kehidupan yang ada. Tidak mesti harus tutup warung ataupun menutup dengan tirai. Bagi orang beriman, itu tidak akan menggoyahkan puasa kita,” tuturnya.

Ia membandingkan puasa yang dilakukan di negeri mayoritas non Muslim. Roda kehidupan tidak berubah tapi mereka tetap berpuasa, bahkan waktu berpuasa mereka lebih lama dibanding di Indonesia.

Prof Qasim juga mengacungkan jempol usaha pemerintah menekan harga kebutuhan dan memerangi persaingan usaha yang tidak sehat.

Pada kesempatan itu, KPPU memberikan santunan kepada puluhan anak panti asuhan dan mengajak berbuka puasa bersama.(*)

IMG-20160622-WA0027_1

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.