Wednesday, 25 January 2017
Trending Topics:
Thursday, 16 Jun 2016 - 21:41 wita

Raih ISO 9001:2015, UIT Bersiap Menuju Kelas Dunia

Editor: yani - celebesonline.com
Haruna
()

CELEBESONLINE (Makassar): Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar berhasil meraih ISO 9001:2015 pada 2 Mei 2016 lalu. UIT merupakan perguruan tinggi swasta pertama di luar Pulau Jawa yang menerima sertifikat ISO.

International Organization for Standardizatio (ISO) atau organisasi internasional untuk standarisasi. Mendapatkan sertifikat ini berarti organisasi yang bersangkutan sudah diakui secara internasional.

Untuk mendapatkan sertifikat ISO, banyak syarat yang harus dipenuhi. Seperti standar perpustakaan 658 judul per program studi, kualitas dosen, ruangan dosen, rasio dosen, sarana dan prasarana, serta syarat lainnya. Di UIT, rasio dosen rata-rata 1:26 itu jauh di bawah ketentuan pemerintah.

“Kita menargetkan bisa menuju kelas dunia dan untuk itu harus ada ISO dulu. Jadi kita berusaha untuk menjadi contoh duluan dan ternyata kita berhasil mendapatkannya,” kata Ketua Yayasan Indonesia Timur, H Haruna, Kamis (16/6/2016).

“ISO ini sudah menuju kelas dunia. Jadi kita harus siap bersaing secara global, apalagi pemerintah sudah setujui MEA,” ucapnya.

Saat ini, akreditasi program studi di UIT 30 persen sudah mendapat akreditasi B, 70 persen masih C. Haruna bertekad untuk bisa memperbaiki akreditasi semua program studi uang dikelola agar makin mengukuhkan UIT sebagai perguruan tinggi swasta yang bermutu.

Raihan ISO 9001:2015 ini juga membuktikan UIT sebagai perguruan tinggi yang saya dan diakui. Sekaligus mematahkan kabar miring yang mengatakan bahwa UIT tidak diakui Dikti.

“Sebelumnya kan kita diisukan macam-macam, tapi itu keliru dan sudah diluruskan. Bahkan, kami buktikan dengan meraih ISO ini. Harusnya Sulsel bangga karena UIT bisa meraih ISO yang merupakan sertifikasi international,” ucap Haruna yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Bidang Dana dan Pembangunan di Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Pusat.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.