Friday, 20 January 2017
Trending Topics:
Wednesday, 15 Jun 2016 - 16:50 wita

Mantan Kasat Serse Polda Sulawesi Selatan Jadi Calon Kapolri

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Komjen Tito Karnavian
Komjen Tito Karnavian
(wikipedia)

CELEBESONLINE (Makassar): Presiden RI Joko Widodo telah menunjuk Komisaris Jenderal (Komjen) Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Badron Haiti yang akan pensiun Juli tahun ini. Tito saat ini masih menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)

Ketua Komisi III DPR Bambang Soeasatyo menyebutkan, surat presiden mengenai penunjukan Tito Karnavian sebagai calon Kapolri sudah di meja pimpinan DPR. DPR kemudian akan dibahas dalam rapat pleno komisi III untuk menentukan jadwal uji kepatutan dan kepantasan.

Tito Karnavian merupakan polisi dengan karir cemerlang. Ia merupakan orang pertama
dalam AKABRI 1987 yang mampu meraih pangkat jenderal bintang tiga. Hampir semua teman angkatannya masih bintang satu atau kolonel.

Pria kelahiran 26 Oktober 2964 ini lulus di empat lembaga pendidikan setamata dari SMA. Ia lulus di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, kedokteran Universitas Sriwijaya, Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada, dan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Namun ini lebih memilih di Akabri (kepolisian).

Karirnya cepat melejit karena banyak menangani kasus-kasus besar, termasuk saat menangani kasus Bom Makassar tahun 2002. Saat itu ia menjabat sebagai Kasat Serse Tipiter Reserse Polda Sulawesi Selatan (2002). Ia juga terlibat pada penangkapan putra Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra. Pernah pula melumpuhkan pentolan teroris Dr Azhari di Batu, Malang, Jawa Timur, 9 November 2005.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.