Sunday, 04 December 2016
Trending Topics:
Friday, 03 Jun 2016 - 14:18 wita

Masa Kerja Jufri Rahman Sebagai Chairman BIMP-EAGA Diperpanjang Sampai 2018

Editor: yani - celebesonline.com
Jufri Rahman
Jufri Rahman
(Apri)

CELEBESONLINE (Makassar): BIMP-EAGA (Brunei Indonesia Malaysia Phillipines-East Asean Growth Area) Sports Council menggelar rapat di Hotel Grand Clarion, Makassar, Jumat (3/6/2016) pagi. Ini adalah rapat kedua untuk persiapan panitia pelaksana Friendship Games atau olahraga persahabatan negara-negara BIMP EAGA yang akan digelar di Samarinda, Kalimantan Timur, Desember 2016 mendatang.

Rapat dipimpin Chairman BIMP-EAGA Sports Council, Jufri Rahman, dan dihadiri perwakilan tuan rumah Kalimantan Timur serta perwakilan provinsi di Indenesia dan negara tetangga yang menjadi peserta. Yang menarik, kali ini ada juga perwakilan dari Darwin, Australia.

Sebelum mendengarkan pemaparan dari tim tuan rumah Kaltim, rapat ini membuat sebuah keputusan untuk masa kerja Chairman BIMP-EAGA Sports Council. “Jika sebelumnya masa kerja hanya dua tahun sekarang disepakati diperpanjang menjadi 4 tahun,” kata Jufri.

“Harusnya, tahun ini sudah habis masa tugas saya. Tapi, dengan kesepakatan yang baru itu, jadi saya bekerja lagi sampai 2018 mendatang,” tambahnya.

Mengenai keterlibatan Darwin disambut gembira peserta BIMP EAGA yang lain. Pasalnya, Darwin sudah pernah terlibat dan belakangan hanya menjadi observation atau peninjau.

“Selama ini, Darwin hanya menjadi peninjau tapi kemudian mereka bersedia untuk ikut terlibat. Kami senang sekali karena ini berarti BIMP EAGA bisa menjadi ajang untuk menjalin persahabatan dengan negara lain,” kata Jufri yang juga Kadis Pariwisata Sulsel.

Pada BIMP EAGA 2016 nanti akan mempertandingkan 11 cabang olahraga plus satu olahraga eksebishi yaitu Golf untuk pada petinggi. Ke-11 cabor tersebut adalah atletik, futsal, sepak takraw, bulu tangkis, pencak silat (kelas seni), karate (kelas kata), tenis meja, tenis lapangan, panahan, dan voli pasir.

“Khusus untuk cabang renang yang sebelumnya rutin diperlombakan, kali ini memang ditiadakan karena terkendala sarana dan prasarana di Kalimantan Timur yang akan menjadi tuan rumah. Untuk renang itu kemudian digantikan dengan cabang tenis meja,” kata Sekretaris BIMP-EAGA Sulawesi Selatan, Nukhrawi Nawir.

Meski mempertandingkan dua cabang bela diri yaitu pencak silat dan karate, tapi yang diperlombakan yang tidak berhubungan dengan contact body. “Jadi yang dipertandingan adalah kelas seni untuk silat dan kata untuk karate,” ucap Nukhrawi.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak, mengatakan bahwa pihaknya sudah siap menyelenggarakan BIMP EAGA 2016. Sarana dan prasarana yang mereka miliki sebagai venue sudah lengkap.

“Tidak ada pembangunan sarana baru, karena kami memiliki sejumlah sarana yang memang sudah ada. Kami punya dua stadion yaitu Stadion Madya Sempaja dan Stadion Utama Palaran. Untuk voli pasir kami akan tempatkan di tepi sungai mahakam. Intinya kami sudah siap,” katanya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.