Sunday, 19 February 2017
Trending Topics:
Tuesday, 24 May 2016 - 16:10 wita

LPDS dan Kedubes Norwegia Gelar Workshop Peliputan Perubahan Iklim

Editor: Apriani - celebesonline.com
Perubahan iklim
()

CELEBESONLINE (Makassar): Lembaga Pers Dr Soetomo bersama Kedutaan Besar (Kedubes) Norwegia menggelar Lokakarya Wartawan “Meliput Perubahan Iklim” di Hotel Aston, Makassar, Selasa (24/5/2016). Lokakarya yang digelar sampai besok itu diikuti puluhan jurnalis yang ada di Makassar.

Masyarakat di dunia, termasuk di Makassar, mulai merasakan perubahan iklim yang drastis akibat adanya pemanasan global (global warning). Ya, bumi kita semakin panas.

Perubahan iklim ini membuat musim kemarau makin panjang dan musim hujan makin singkat. Meski demikian, intensitas bukannya sangat tinggi. Belum lagi dibarengi dengan bencana angin kencang.

Deputi pendanaan Badan Pengelola REDD+ (2014-2015), Agus P Sari, menjelaskan bahwa bulan April 2016 menjadi bulan April terpanas dalam sejarah, mengalahkan bulan Maret yang menjadi bulan terpanas sepanjang sejarah, dan juga lebih panas dari bulan Februari. Kenaikan temperatur mencapai 1,35°C.

Temperatur karbondioksida tidak pernah setinggi ini sejak 690.000 tahun yang lalu. Ini membuat efek rumah kaca, layaknya selimut, karbon di atmosfir makin tebal sehingga apa yang ada di bawahnya semakin panas.

Karena itu, setiap tahun diadakannya Konferensi Perubahan Iklim. Dari konferensi itu, diharapkan bisa menghasilkan solusi untuk bisamenyelamatkannya bumi dari kerusakan sehingga bisa berkelanjutan.

Wartawan bisa melihat fenomena ini dan menyebarkan melalui tulisan. Agar masyarakat, pejabat, pengusaha, dan lainnya bisa ikut andil menjaga Bumi.

Mengkomunikasikan isu perubahan iklim, termasuk istilah-istilah teknis, sehingga masyarakat bisa paham.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.