Friday, 20 January 2017
Trending Topics:
Monday, 23 May 2016 - 19:07 wita

Hakim Kabulkan Praperadilan La Nyalla Mattalitti

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE La Nyalla Mattalitti
La Nyalla Mattalitti
(lanyallamm)

CELEBESONLINE (Surabaya): Hakim tunggal pra-peradilan Pengadilan Negeri Surabaya, Mangapul Girsang, mengabulkan gugatan pra-peradilan atas penetapan La Nyalla sebagai tersangka dugaan kasus korupsi dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada Kadin Jawa Timur. Gugatan itu sendiri diajukan oleh anak kandung La Nyalla Mattalitti

Ini merupakan yang ketiga kalinya hakim pra-peradilan Pengadilan Negeri Surabaya memenangkan gugatan penggugat atas status tersangka dan dua surat perintah penyidikan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Mangapul dalam amar putusannya menyatakan, penetapan tersangka untuk La Nyalla tidak sah serta penerbitan dua surat perintah penyidikan dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur yang menetapkan La Nyalla sebagai tersangka juga dinilai tidak sah dan melanggar hukum/.

BACA: La Nyalla Mattalitti Tersangka

Hakim juga memutuskan, pencekalan dan pencabutan paspor La Nyalla dinilai tidak sah termasuk pemblokiran rekening La Nyalla selama ditetapkan sebagai tersangka.

Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menetapkan Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti sebagai tersangka setelah menemukan dua alat bukti. Status tersangka La Nyalla tertuang pada surat penetapan tersangka No.KEP-11/0.5/Fd.1/03/2016 tertanggal 16 Maret 2016. Surat itu sebagai tindak lanjut Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) bernomor Print-291/ 0.5/Fd.1/03/2016 tertanggal 16 Maret 2016.

Jaksa menemukan bukti La Nyalla menggunakan danah hibah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur dari Pemprov Jatim untuk membeli saham terbuka (Initial Public Offering, IPO) Bank Jatim senilai Rp 5,3 miliar. La Nyalla diduga membeli saham itu atas nama pribadi padahal uang pembelian merupakan dana hibah Pemprov Jawa Timur untuk Kadin Jawa Timur.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.