Monday, 23 January 2017
Trending Topics:
Wednesday, 18 May 2016 - 20:45 wita

Coto Makassar Kuliner Paling Populer di Makassar

Editor: yani - celebesonline.com
Ikon kuliner
()

CELEBESONLINE (Makassar): Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar seminar sehari membahas tentang hasil survei ikon kuliner di Hotel Maxone, Rabu (18/5/2016). Survei ini untuk menindaklanjuti rencana pemerintah kota Makassar menetapkan ikon kuliner khas Makassar.

Kuliner khas Makassar, atau Sulsel pada umumnya, ternyata jumlah sampai ratusan jenis. Dari jumlah tersebut, Pemkot ingin mengangkat 10 kuliner khas yang bisa menjadi ikon Makassar untuk Go Internasional.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar, Rusmayani Madjid, mengatakan bahwa seminar yang diikuti berbagai kalangan termasuk para blogger dan penggiat kuliner ini mampu memberikan inovatif pengembangan destinasi kuliner Makassar ke kancah internasional.

Survey dilakukan melalui online dan offline selama 25 hari yang berakhir 15 Mei lalu. Secara online, survei dilakukan melalui website www.Makassar sedap.com. sementara secara offline, tim mendatangi warga di pusat-pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat keramaian, dan lainnya.

Dalam kuesioner diberikan 20 pilihan kuliner khas Makassar. Survei ini melibatkan total 2.109 responden dengan total pilihan 4.303, karena setiap orang bisa memilih lebih dari 1 kuliner.

Hasil survei dibagi dalam beberapa kategori, misalnya berdasarkan usia, asal daerah, jenis kelamin, dan lainnya. “Kita suprise karena responden tidak hanya dari Makassar, tapi ada juga dari Jakarta bahkan 16 responden dari Amerika Serikat,” kata fasilitator tim survei, Dedy Triawan.

Dari pemaparan hasil survei, kuliner Coto Makassar paling populer baik berdasarkan jenis kelamin, kota, usia, dan lainnya. Selain Coto Makassar, pisang ijo, Pallu basa, mie kering, SOP saudara juga tergolong populer.

“Hasil survei ini hanya untuk melihat kepopuleran makanan tersebut. Ini bisa menjadi rujukan sebelum penetapan ikon kuliner,” kata Dedy.

Penetapan ikon kuliner untuk mengembangkan wisata kuliner Makassar agar Go Internasional. Mengenai nama-nama kuliner yang akan menjadi ikon akan ditentukan oleh walikita Makassar, Danny Pomanto.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.